Aplikasi HRIS Terbaik Untuk Seluruh Industri 

Desember 6, 2022

Saat ini penggunaan aplikasi HRIS telah menjadi tren untuk setiap HRD dari berbagai industri. Apalagi saat ini sudah ada banyak aplikasi yang dapat memberikan berbagai fitur menarik untuk membantu pekerjaan HRD. Namun sebelum masuk membahas seperti apa aplikasi HRIS yang baik, mari mengenal apa itu aplikasi HRIS dan fungsinya, 

Aplikasi HRIS
Aplikasi HRIS

Key Take Points

  • Aplikasi HRIS atau Human Resources Information System adalah sebuah sistem yang dapat mengelola serta manajemen sumber daya manusia pada perusahaan secara efektif.
  • Aplikasi HRIS sendiri terbagi menjadi tiga jenis berdasarkan fungsinya
  • Kenali fitur-fitur penting yang harus ada dalam aplikasi HRIS

Mengenal Aplikasi HRIS

Aplikasi HRIS atau Human Resources Information System adalah sebuah sistem yang dapat mengelola serta manajemen sumber daya manusia pada perusahaan secara efektif. Secara umum aplikasi HRIS terbagi menjadi tiga yaitu, HRIS< HCM dan HRMS. ketiganya memiliki perbedaan yang cukup berbeda sehingga Anda perlu mengenal dan memilih aplikasi yang sesuai dengan permasalahan di kantor Anda. 

HRIS adalah aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengelola sumber daya manusia, kebijakan serta prosedur perusahaan. HCM adalah aplikasi yang mencakup fungsi dari HRIS, manajemen talenta serta kemampuan global. Sedangkan HRMS, adalah aplikasi yang mencakup seluruh fungsi dari HRIS dan HCM serta manajemen waktu. 

Aplikasi HRIS sendiri terbagi menjadi tiga jenis berdasarkan fungsinya yaitu:

  1. HRIS Operasional

Aplikasi HRIS tipe ini memiliki modul terintegrasi untuk mengelola kebutuhan HR hanya dalam lingkup operasional, mulai dari administrasi karyawan hingga pengelolaan absensi hingga payroll karyawan.

  1. HRIS Tactical 

HRIS tipe tactical ini memiliki pilihal modul yang terintegrasi untuk mengelola kebutuhan HR dalam manpower planning, recruitment dan training atau development. 

  1. HRIS Strategic

Aplikasi HRIS strategic ini dapat membantu perusahaan dalam menyelaraskan strategi perusahaan dengan karyawannya dengan melakukan performance review dan goal alignment. 

Untuk itu sebelum Anda menggunakan aplikasi HRIS, ada baiknya Anda mengetahui kebutuhan HR dan perusahaan berdasarkan fungsinya. Anda dapat melakukan konsultasi bersama kami apabila Anda mengalami kesulitan untuk memilih aplikasi HRIS yang cocok untuk perusahaan Anda. 

Keunggulan Aplikasi HRIS untuk Perusahaan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan aplikasi HRIS untuk perusahaan Anda. aplikasi HRIS memiliki keunggulan yang sangat bagus untuk manajemen perusahaan sehingga Anda harus mempertimbangakannya dengan baik. Mari kita bahas satu persatu mengenai keunggulan aplikasi HRIS bagi perusahaan:

  1. Dapat melakukan pekerjaan berulang secara otomatis

Pekerjaan yang berhubungan dengan absensi dan perhitungan gaji ataupun tunjangan adalah pekerjaan yang dilakukan secara berulang-ulang dalam periode waktu tertentu. Dengan adanya aplikasi HRIS, pekerjaan ini akan menjadi lebih praktis dan cepat selesai karena dilakukan secara otomatis oleh sistem. 

  1. Memudahkan dalam monitor kinerja karyawan

HRD tidak mungkin bisa melakukan memonitor kinerja karyawan secara keseluruhan mengingat pekerjaan HRD tidak hanya berhubungan dengan karyawan tetapi juga dengan perusahaan. Untuk itu tim HRD memerlukan aplikasi HRIS yang dapat membantu dalam monitor kinerja karyawan serta melakukan analisa kinerja karyawan tersebut dengan target atau key performance indicator (KPI) masing-masing karyawan. 

  1. Lebih hemat

Salah satu keunggulan dari aplikasi HRIS adalah dapat mengurangi pengeluaran untuk biaya personalia, seperti penggunaan kertas ataupun aplikasi-aplikasi lainnya. Selain itu, HRD juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan rekapan absensi ataupun perhitungan payroll, karena aplikasi ini akan menyimpan waktu produktif Anda menjadi lebih banyak. 

  1. Terhindar dari human error

Aplikasi ini dapat mengurangi adanya human error sehingga tidak akan ada lagi kesalahan pada perhitungan payroll ataupun rekapan absensi. 

  1. Fleksibel dalam mengelola data 

Aplikasi HRIS dapat diakses secara online, sehingga memudahkan HRD untuk mengaksesnya kapanpun dan dimanapun. 

Fitur-Fitur Aplikasi HRIS 

Memilih aplikasi HRIS terbaik tentunya tidak hanya memperhatikan dari segi harga saja, melainkan juga melihat dari fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi tersebut.Agar Anda tidak salah memilih aplikasi, ada baiknya Anda mengetahui apa saja fitur-fitur penting yang harus ada dalam aplikasi HRIS, yaitu sebagai berikut:

  1. Payroll management

Salah satu faktor terpenting dalam sebuah perusahaan adalah ada payroll management atau masalah penggajian. Hal ini dikarenakan masalah penggajian menjadi hal yang paling krusial bagi sebuah perusahaan.

Jadi, dalam memutuskan menggunakan software Anda harus memilih yang memiliki fitur payroll management. Sehingga dapat membantu Anda dalam melakukan proses payroll. Mulai dari perhitungan hingga pembayaran gaji para karyawan atau pegawai.

  1. Manajemen waktu 

Aplikasi HRIS yang baik juga harus memiliki fitur yang dapat memudahkan para penggunanya dalam mengelola absensi karyawan. Sehingga dapat mengintegrasikan dengan sistem kehadiran biometrik. Sehingga Anda tidak perlu melakukan pencatatan kehadiran setiap karyawan secara manual melalui Spreadsheet Excel atau bahkan melalui kertas.

  1. Manajemen Pajak

Dengan adanya fitur manajemen pajak Anda tidak perlu lagi kebingungan dalam melakukan perhitungan seluruh pajak karyawan Anda. Semua informasi keuangan dan PPh 21 mulai dari BPJS kesehatan, NPWP, BPJS ketenagakerjaan, bahkan hingga informasi bank karyawan dapat langsung di monitor dan juga dikelola dengan mudah melalui sistem.

  1. Manajemen Penilaian

Paling tidak setiap satu tahun sekali perusahaan akan melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawannya. Untuk proses evaluasi yang baik, setiap perusahaan dapat memanfaatkan sHRIS agar dapat memproses dengan cara yang lebih praktis.

  1. Manajemen Keuangan 

Dalam setiap kegiatan perusahaan pasti terdapat suatu kondisi dimana karyawan sedang membutuhkan biaya tambahan. Seperti ketika ingin bertemu klien, mengadakan event perusahaan, menghadiri acara penting, atau kebutuhan pribadi seperti klaim kesehatan.

Berbagai biaya yang dikeluarkan dan pengembalian yang diajukan karyawan, semuanya dapat dimonitor melalui fitur manajemen keuangan. Setelah itu pihak manajer HRD atau keuangan dapat membuat laporan perihal biaya yang sedang dikeluarkan setiap karyawan pada setiap waktu.

  1. Laporan HRD 

Kegiatan rutin HR pada setiap bulannya adalah HR harus membuat laporan perihal tenaga kerja, seperti pengeluaran, gaji, kehadiran, pajak, penilaian kinerja karyawan, dan sebagainya. Untuk membuat laporan tersebut tentu akan membutuhkan waktu yang cukup banyak. Terlebih lagi apabila perusahaan tersebut sudah memiliki karyawan yang mencapai ratusan. Dengan HRIS pihak HR dapat membuat laporan hanya dalam waktu hitungan detik.

Appsensi sebagai Aplikasi HRIS Terbaik 

Apabila Anda bingung memilih aplikasi terbaik saat ini, maka Appsensi adalah rekomendasi terbaik untuk Anda. Appsensi telah digunakan oleh berbagai industri dan bisnis dengan berbagai fitur-fitur menarik. .

Fitur-fitur yang dibutuhkan sebagai aplikasi HRIS tersedia pada Appsensi. Mulai dari monitor kehadiran karyawan hingga penghitungan gaji serta tunjangan karyawan telah tersedia pada fitur-fitur Appsensi.

Mulai dari Fitur Absensi Online, Fitur Payroll, Earned Wage Access (EWA), Live-Tracking, Manajemen Shifting, Pengajuan Cuti dan Lembur, Perhitungan Pajak PPh21 terbaru hingga klaim cuti atau klaim reimburse dan lain sebagainya.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut kemudahan-kemudahan yang disediakan oleh Appsensi? Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Appsensi. 

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments