Hero Blog Payroll

Tanggung Jawab Account Officer dalam Pengelolaan Keuangan Perusahaan

April 26, 2024

Article by Aprilia

Dalam menjalankan fungsi keuangannya, sebuah perusahaan memerlukan sosok yang mampu mengelola hubungan finansial dengan cermat dan efektif. Inilah tugas account officer dalam suatu perusahaan yang bergerak di bidang finansial atau keuangan.

Komentar Penulis

“Di tengah arus keuangan yang tak pernah berhenti, account officer berperan sebagai nahkoda yang mengarahkan kapal perusahaan melewati ombak data finansial yang besar dan terkadang berbahaya. Mereka bukan sekedar pengelola angka, tapi penjaga gerbang yang memastikan setiap transaksi mengalir lancar dan sesuai dengan standar etika dan kepatuhan.”

Mereka bukan hanya mengerjakan pekerjaan administratif, melainkan juga mitra strategis yang membantu perusahaan dalam mengoptimalkan pengelolaan keuangan dan memastikan kesehatan finansial yang berkelanjutan.

Pengertian, Tugas, Tanggung Jawab dan Skill Account Officer

Key Takeaways 

  • Account officer adalah profesional di bidang keuangan yang bertanggung jawab atas pengelolaan hubungan baik dengan klien pada sebuah perusahaan.
  • Tugas tanggung jawab account officer adalah mengelola hubungan dengan klien atau nasabah, mempromosikan produk atau layanan perusahaan, mengidentifikasi kebutuhan finansial klien, memberikan solusi yang sesuai, serta menjaga dan meningkatkan portofolio klien untuk mencapai target penjualan dan keuntungan perusahaan.

Account officer adalah tulang punggung dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Mereka bertanggung jawab atas berbagai aspek penting, seperti melakukan pencatatan keuangan perusahaan, mengurus faktur-faktur perusahaan, memastikan kelancaran setiap transaksi dengan klien, dan menjaga hubungan baik dengan klien.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang tanggung jawab dan peran penting yang dimiliki oleh seorang account officer dalam mendukung kesehatan keuangan perusahaan.

Mengenal Account Officer

Pernahkah Anda mendengar kata account officer? Tentu saja, karena kata account officer bukanlah sesuatu yang asing didengar. Terutama pada perusahaan yang bergerak di bidang finansial atau keuangan, pasti memiliki account officer di dalamnya.

Dilansir dari halaman web Detik Finance yang ditulis pada 12 Juli 2023, account officer adalah profesional di bidang keuangan yang bertanggung jawab atas pengelolaan hubungan dengan nasabah atau klien pada sebuah perusahaan.

Mereka membantu nasabah dalam memilih produk keuangan, melakukan transaksi, dan memberikan layanan pelanggan. Peran mereka sangat penting dalam mempertahankan dan memperluas portofolio klien perusahaan serta meningkatkan loyalitas nasabah.

15
Menurut Anda, faktor apa yang paling kritikal dalam membangun kesuksesan jangka panjang di tempat kerja?

Namun, satu hal yang penting diketahui bahwa account officer berbeda dengan accounting officer atau akuntan.

Account officer biasanya bekerja di lembaga keuangan, seperti bank, leasing, koperasi, dan lembaga keuangan lain. Tugasnya bertanggung jawab atas pengelolaan hubungan dengan nasabah atau klien di perusahaan tersebut.

Sementara itu, akuntan bertanggung jawab atas pencatatan, membuat laporan kerja, mengelola pembukuan keuangan, dan analisis keuangan perusahaan.

Mereka fokus pada pemeliharaan catatan keuangan yang akurat, penyusunan laporan keuangan, serta memastikan kepatuhan perusahaan terhadap standar akuntansi dan peraturan yang berlaku.

Skill yang harus dimiliki seorang account officer yaitu memiliki kemampuan komunikasi, kemampuan analisis, pemahaman produk keuangan, keterampilan penyelesaian masalah, orientasi pada pelayanan pelanggan, kepatuhan dan integritas, keterampilan manajemen waktu, keterampilan teknologi informasi, kemampuan penjualan, dan ketahanan dalam menghadapi tekanan.

Apa Saja Tanggung Jawab dan Tugas Account Officer?

Account officer memiliki tugas dan tanggung jawab sangat penting dalam menjaga hubungan dengan nasabah atau klien sebuah perusahaan. Mereka juga bertugas membantu nasabah atau klien dalam memenuhi kebutuhan keuangan.

Tanggung jawab account officer meliputi berbagai aspek penting yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan dan pelayanan kepada nasabah. Kami akan memberikan penjelasan lebih rinci mengenai tugas account officer, dilansir dari laman web Universitas Medan Area pada 22 Agustus 2022:

1. Mengelola Hubungan dengan Nasabah/Klien

Salah satu tanggung jawab utama seorang account officer adalah membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan nasabah atau klien perusahaan.

Account officer bertindak sebagai titik kontak utama antara perusahaan dan nasabah, menjawab pertanyaan mereka, memberikan informasi tentang produk yang ditawarkan perusahaan, serta memberikan solusi atas masalah atau kebutuhan finansial yang mereka miliki.

2. Analisis Kebutuhan Finansial Nasabah

Menurut kami, seorang account officer perlu mampu melakukan analisis mendalam terhadap kebutuhan finansial nasabah. Mereka harus dapat memahami situasi keuangan dan tujuan investasi nasabah untuk memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko mereka.

3. Pemilihan Produk dan Kredit Sesuai Kebutuhan Nasabah

Berdasarkan analisis kebutuhan nasabah, seorang account officer bertanggung jawab untuk membantu nasabah memilih produk keuangan yang paling sesuai dengan tujuan keuangan mereka.

Produk yang ditawarkan mencakup investasi seperti reksa dana, obligasi, atau saham, serta produk perbankan seperti tabungan, deposito, atau pinjaman.

4. Pelaksanaan Transaksi Keuangan

Account officer juga bertanggung jawab untuk memastikan kelancaran setiap transaksi keuangan yang dilakukan antara perusahaan dan nasabah. Mereka harus memastikan bahwa transaksi tersebut dilakukan dengan benar dan sesuai dengan prosedur perusahaan serta regulasi yang berlaku, termasuk juga memantau dan mengelola hutang dan piutang perusahaan.

5. Manajemen Portofolio Nasabah

Seorang account officer memiliki tanggung jawab untuk merencanakan dan mengelola portofolio nasabah dengan cermat. Ini melibatkan pemantauan kinerja investasi nasabah, melakukan diversifikasi portofolio, serta memberikan rekomendasi untuk memperbaiki atau mengoptimalkan portofolio sesuai dengan perubahan kondisi pasar atau tujuan investasi nasabah.

6. Pembangunan Hubungan Jangka Panjang

Account officer juga memiliki tanggung jawab untuk membangun hubungan jangka panjang dengan nasabah.

Mereka harus menjaga komunikasi yang terbuka dan terus menerus dengan nasabah, mengidentifikasi kebutuhan atau perubahan situasi keuangan nasabah, serta memberikan layanan yang personal dan terbaik sesuai dengan kebutuhan individu nasabah.

7. Evaluasi Kinerja Portofolio

Evaluasi terhadap kinerja portofolio nasabah secara berkala adalah tugas account officer. Mereka harus memantau perkembangan investasi nasabah, menganalisis hasil investasi, dan memberikan laporan atau rekomendasi kepada nasabah mengenai langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapai tujuan keuangan mereka.

8. Kepatuhan Regulasi

Seorang account officer harus memastikan bahwa setiap transaksi atau aktivitas yang dilakukan sesuai dengan regulasi dan kebijakan perusahaan serta peraturan yang berlaku dalam industri keuangan.

Mereka harus memahami aturan-aturan yang berlaku dan bertindak sesuai dengan standar etika dan kepatuhan yang tinggi.

9. Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan

Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan account officer dalam bidang keuangan adalah hal yang penting. Mereka harus selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam industri keuangan, mengikuti pelatihan atau kursus yang relevan, serta aktif dalam pertukaran informasi dan pengalaman dengan rekan kerja atau profesional lainnya.

Komentar Penulis

“Seorang account officer yang berdedikasi adalah perpaduan antara penjaga mercusuar dan pelaut; mereka tidak hanya menjaga cahaya pengetahuan mereka tetap terang melalui pembelajaran yang terus-menerus, tapi juga siap menjelajahi lautan keuangan yang luas dan terkadang tak terduga dengan keahlian dan kesiapsiagaan yang telah diasah.”

Bagaimana Peran Penting Account Officer dalam Pengelolaan finansial Perusahaan?

Tugas Account Officer

Peran account officer dalam pengelolaan finansial perusahaan sangat penting karena mereka merupakan garda depan dalam menjaga hubungan dengan nasabah atau klien perusahaan serta membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan keuangan mereka.

Dengan memainkan peran yang begitu penting dalam menjaga hubungan dengan nasabah, menyediakan solusi keuangan yang sesuai, mengelola transaksi, portofolio, risiko, dan kepatuhan, account officer membantu memastikan bahwa finansial perusahaan terkelola dengan baik dan memenuhi kebutuhan nasabah dengan efektif.

Kontribusi mereka diberikan secara signifikan terhadap kesuksesan dan pertumbuhan perusahaan dalam jangka panjang.

Lantas, bagaimana jika seorang account officer tidak bekerja secara maksimal? Tentu hal ini dapat menimbulkan sejumlah akibat dan dampak yang merugikan bagi perusahaan, antara lain:

1. Kehilangan Peluang Bisnis

Account officer adalah ujung tombak dalam menjalin hubungan dengan nasabah atau klien perusahaan. Jika mereka tidak bekerja secara maksimal dalam membangun dan memelihara hubungan dengan nasabah, perusahaan dapat kehilangan peluang bisnis baru dan mengalami penurunan pendapatan.

2. Loyalitas Nasabah yang Menurun

Nasabah cenderung mencari layanan yang terbaik dan pelayanan yang memuaskan.

Jika account officer tidak mampu memberikan layanan yang baik atau tidak responsif terhadap kebutuhan nasabah, hal ini dapat menyebabkan penurunan loyalitas nasabah dan bahkan meningkatkan risiko kehilangan nasabah.

3. Risiko Kesalahan dalam Transaksi Keuangan

Account officer bertanggung jawab untuk memastikan kelancaran setiap transaksi keuangan yang dilakukan dengan nasabah. Jika mereka tidak bekerja secara maksimal, ada risiko terjadinya kesalahan dalam transaksi, seperti pengiriman dana yang salah atau penundaan dalam proses transaksi, yang dapat merugikan nasabah dan merusak reputasi perusahaan.

4. Ketidakpatuhan terhadap Regulasi

Perusahaan diwajibkan untuk mematuhi berbagai regulasi dan kebijakan yang berlaku dalam industri keuangan. Account officer harus memastikan bahwa setiap transaksi atau aktivitas yang dilakukan sesuai dengan regulasi dan kebijakan perusahaan serta peraturan yang berlaku.

Jika mereka tidak bekerja secara maksimal dalam menjaga kepatuhan, perusahaan dapat berisiko menghadapi sanksi hukum atau denda yang berpotensi merugikan.

5. Penurunan Kinerja Keuangan

Jika account officer tidak bekerja secara maksimal dalam mengelola portofolio atau memberikan rekomendasi yang tepat kepada nasabah, ini dapat menyebabkan penurunan kinerja investasi nasabah dan berdampak pada kinerja finansial perusahaan secara keseluruhan.

6. Kerugian Reputasi Perusahaan

Akibat dari ketidakmaksimalan account officer dalam memenuhi kebutuhan dan harapan nasabah, reputasi perusahaan dapat terganggu.

Nasabah yang merasa tidak puas dengan layanan atau pengalaman mereka dapat menyebarkan pendapat negatif tentang perusahaan, yang dapat merugikan citra dan reputasi perusahaan di mata publik.

Dengan demikian, kami menyimpulkan bahwa account officer memiliki peran yang sangat penting dalam pengelolaan catatan keuangan perusahaan serta menjaga hubungan baik dengan klien.

Ketika account officer tidak menjalankan tugas dan tanggung jawab secara maksimal, hal ini dapat menimbulkan sejumlah akibat dan dampak negatif bagi perusahaan dan kerugian terhadap reputasi perusahaan.

Untuk memantau kinerja account officer di perusahaan Anda, kami merekomendasikan untuk memanfaatkan solusi manajemen karyawan dengan menggunakan berbagai layanan fitur terbaik dari Appsensi.

Appsensi membantu HRD maupun perusahaan untuk mengelola manajemen karyawan, termasuk pengelolaan absensi dan juga payroll karyawan. Melakukan evaluasi kinerja karyawan jadi semakin mudah dengan fitur-fitur terbaik dari Appsensi.

Punya pertanyaan lebih lanjut? Hubungi website kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai fitur-fitur terbaik dari Appsensi.

Aprilia

Human Resources Consultant

Artikel Terkait

Top Artikel

TOC Icon