Ini Dia Solusi Absen Untuk Guru Baik Remote Ataupun WFH

November 9, 2022

Perkembangan teknologi tidak hanya merambah pada industri-industri tertentu saja, melainkan juga merambah pada institusi pendidikan di Indonesia. Beberapa institusi pendidikan mulai menggunakan teknologi absen, khususnya untuk sekolah-sekolah yang terkena dampak pandemi. Mari kita bahas mengenai solusi absen terbaik untuk guru dan tenaga pendidik yang bekerja remote ataupun WFH. 

Absen guru

Key Take Points

  • Absensi guru berbasis online memudahkan guru dan tenaga pendidik untuk melakukan absensi
  • Absensi online memiliki beberapa keuntungan bagi para guru dan tenaga pendidik

Solusi Absen Guru dan Tenaga Pendidik 

Sesuai dengan yang tertulis dalam Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008, menyebutkan beban kerja guru sebagai pegawai ialah paling sedikit 36,5 jam kerja dalam seminggu.

Absensi guru online ini ditujukan untuk sekolah di jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah yang dapat mengisinya dalam harian, mingguan, dan bulanan. 

Bagi sekolah yang masih terdampak PPKM dan yang masih menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Guru dan seluruh stakeholder sekolah harus bekerja keras untuk tetap memberikan cara atau metode pembelajaran kepada para siswa secara efektif dan produktif.

Selain menerapkan PJJ bagi para siswa, sekolah juga mempunyai guru dan pegawai yang juga harus bekerja daring. sehingga dibutuhkan metode dan alat pendukung dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Absensi online memudahkan proses absensi dan menghindari interaksi yang tidak perlu untuk mencegah penyebaran penyakit. Aplikasi absensi online dibuat khusus seperti untuk perusahaan pada umumnya, sehingga pihak sekolah pun dapat menggunakannya sebagai sistem presensi. 

Seorang kepala sekolah atau pimpinan lembaga pendidikan dapat memantau Guru dan Pegawai saat kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh.

Guru dan Pegawai dapat melakukan presensi kehadiran dirumah dengan tambahan catatan aktivitas. dan apabila ada pegawai yang mengajukan izin karena sakit mereka tinggal melakukan request melalui aplikasi. pada akhirnya seluruh laporan kehadiran di akhir bulan dapat dilihat berdasarkan departemen/divisi/unit, dan juga melihat performa per Guru ataupun Pegawai selama periode tertentu.

Keuntungan Absen Online Bagi Guru dan Tenaga Pendidik

  • Akurat: Data absen guru tidak dapat dimanipulasi ataupun adanya kecurangan
  • Bebas akses: Guru dan tenaga kependidikan dapat dengan bebas melakukan pengajuan cuti secara online
  • Hemat waktu dan biaya: tidak perlu lagi biaya maintenance untuk mesin fingerprint dengan aplikasi absensi online
  • Praktis: lakukan absensi online hanya dengan selfie pada aplikasi sesuai lokasi yang ditentukan. 

Solusi Appsensi Untuk Guru dan Tenaga Pendidik

Appsensi sebagai aplikasi absensi online adalah solusi terbaik untuk guru serta tenaga pendidik untuk bekerja baik secara remote maupun secara langsung disekolah. Dengan fitur-fitur absensi online, guru dan tenaga pendidik sangat dimudahkan untuk melakukan absensi dimana saja serta melaporkan hasil pekerjaannya secara langsung kepada kepala sekolah. 

Selain itu, aplikasi absensi online memiliki berbagai fitur yang dapat menunjang karir guru dan tenaga pendidik. Salah satunya adalah fitur activity dimana para guru dan tenaga pendidik dapat mengirimkan hasil laporan pekerjaannya serta memudahkan kepala sekolah dalam melihat laporan kinerja guru, baik dalam hitungan mingguan ataupun bulanan. 

Tentunya hal ini juga berpengaruh pada pemberian tunjangan kepada guru-guru seperti tunjangan kinerja dan tunjangan lainnya. Fitur payroll pada aplikasi Appsensi memudahkan perhitungan secara akurat dan tidak dapat dimanipulasi. 

Tidak hanya itu saja, penggunaan aplikasi absensi online juga sangat menekan biaya maintenance tidak seperti mesin fingerprint ataupun absensi manual dalam bentuk kertas. Selain itu sistem absensi online dengan modal swafoto adalah solusi terbaik untuk menghindari kecurangan absensi dengan fitur face-recognitionnya. 

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut kemudahan-kemudahan yang disediakan oleh Appsensi? Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Appsensi. 

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments