Mengenal Lebih dalam tentang CEO, Peran, dan Tugasnya!

Januari 13, 2022

Di antara Anda, tentu istilah CEO ini sering didengar dan memang sangat berhubungan dengan pekerjaan atau perusahaan. Tapi tahukah Anda bahwa menjadi seorang CEO perusahaan tentu saja Anda harus memiliki jiwa yang mumpuni dan bertanggung jawab sehingga nantinya bisa menjadi pemimpin yang hebat di dalam suatu perusahaan. Tak hanya itu saja, CEO adalah seseorang yang memiliki jabatan tertinggi di dalam perusahaan. Untuk itu, jika Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang CEO, peran hingga tugasnya maka berikut ini bisa simak infonya.

Pengertian CEO

Mengenal Lebih dalam tentang CEO, Peran, dan Tugasnya!

CEO adalah kependekan dari Chief Executive Officers, yang mana merupakan posisi tertinggi yang ada di dalam suatu perusahaan atau organisasi. Selain itu, seorang CEO juga memiliki peran untuk bertanggung jawab pada perusahaan yang ia pegang dan nantinya juga dapat membuat keputusan yang tepat demi keberlangsungan perusahaan.

Selain itu, seorang CEO juga memiliki tanggung jawab untuk menangani operasional perusahaan. Oleh karena itu, dengan tanggung jawab yang begitu besar, memang tak heran posisi seperti ini diduduki atau dipegang oleh orang-orang yang memiliki kualitas yang mumpuni. Terlepas dari itu semua, fungsi lain dari CEO adalah sebagai wajah dari sebuah perusahaan.

CEO atau Chief Executive Officers ini memang tidak hanya mengkomunikasikan kebijakan organisasi atau perusahaan kepada petinggi-petinggi lainnya, akan tetapi CEO juga memiliki peran lainnya yaitu dapat mengkomunikasikan kepada masyarakat. 

Meskipun demikian, peran dari CEO ini tentu saja bisa berbeda-beda pula dan ini tergantung dengan besarnya suatu perusahaan yang ia pegang. Namun, untuk perusahaan-perusahaan besar, pada biasanya para CEO ini akan bertanggung jawab penuh untuk memberikan keputusan-keputusan dengan skala besar pula. Keputusan yang diambil nantinya akan berpengaruh pada perkembangan perusahaan dan juga kebijakan dari bisnis perusahaan itu sendiri.

Namun, untuk organisasi ataupun perusahaan yang kecil maka tak jarang pula peran dari CEO ini menjadi luas. Di mana CEO bisa mengurusi berbagai hal seperti keuangan, kebijakan operasional dan lainnya. Selain itu, tidak jarang pula terutama pada perusahaan dengan skala kecil, misalnya seperti startup. CEO juga turut andil dalam keputusan terkait pemilihan atau perekrutan karyawan.

Baca juga: 7 Tugas Supervisor di Perusahaan Beserta Skill yang Wajib Dikuasai

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang CEO di Perusahaan

CEO adalah seseorang dengan posisi tertinggi yang ada di suatu perusahaan. Di mana seorang CEO nantinya akan memiliki fungsi manajerial seperti perencanaan, mengatur karyawan dan perusahaan dengan baik, menggerakan hingga mengontrol penuh kinerja para karyawan yang ada di suatu perusahaan.

Selain itu, ada beberapa tugas dan juga wewenang lainnya yang memang harus dijalankan oleh seorang CEO di dalam suatu perusahaan, diantaranya :

  • Menciptakan, berkomunikasi hingga mengimplementasikan visi dan misi perusahaan serta memberikan gambaran umum demi tujuan perusahaan agar lebih maju serta berkembang kepada seluruh karyawan yang ada.
  • Memimpin perkembangan hingga menerapkan atau melaksanakan berbagai strategi perusahaan.
  • Melihat dengan pasti perkembangan operasional di suatu perusahaan.
  • Melakukan komunikasi dengan board of director demi kemajuan perusahaan.
  • Menjalin hubungan baik dengan CEO-CEO lainnya dengan tujuan meningkatkan lagi kredibilitas perusahaan, mengembangkan kemampuan CEO dalam kepemimpinan perusahaan hingga reputasi perusahaan.

Namun, terlepas dari berbagai tugas dan wewenang CEO seperti di atas, tentu saja ada hal utama yang harus Anda pastikan dan harus dimiliki oleh seorang CEO di perusahaan yaitu kemampuan mereka dalam memimpin perusahaan atau organisasi dengan baik. Seperti yang Anda ketahui, tanpa adanya kemampuan seperti itu tentu saja seorang CEO bisa saja dianggap gagal untuk mengurusi perusahaan yang sedang ia jalankan.

Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Seorang CEO

Seperti yang telah Anda lihat di atas tentang tugas dan wewenang dari seorang CEO, tentu menjadi seorang CEO bukan suatu hal yang mudah. Di mana seorang CEO harus memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dengan karyawan perusahaan pada umumnya. Untuk itu, pada dasarnya untuk bisa menjadi seorang CEO perusahaan tentu Anda harus memiliki kemampuan tertentu, yaitu seperti :

  • Harus memiliki kemampuan kepemimpinan dan bertanggung jawab pada perusahaan serta karyawannya.
  • Memiliki kemampuan interpersonal.
  • Seorang CEO juga harus memiliki kemampuan analisis dengan tepat.
  • Kemampuan manajerial sehingga dapat mengatur, merencanakan hingga mengontrol perusahaan dengan baik.

Jadi, itulah ada beberapa kemampuan yang harus bisa dimiliki oleh seorang CEO di perusahaan. Ingat, seorang CEO adalah menjadi posisi yang paling penting di dalam perusahaan sehingga bisa membantu untuk mengembangkan perusahaan. Untuk itu, setiap keputusan yang nantinya diambil oleh seorang CEO juga harus berani untuk dipertanggung jawabkan.

Baca juga: Memahami Posisi General Affair dalam Perusahaan

Tips dan Cara Menjadi CEO Perusahaan

Tips dan Cara Menjadi CEO Perusahaan

Menjadi seorang CEO memang merupakan impian semua orang. Namun, untuk menjadi seorang CEO bukan suatu hal yang mudah karena CEO akan menjadi pimpinan tertinggi di suatu perusahaan dan nantinya akan mengatur semua tentang apa yang terjadi di dalam perusahaan. Namun, sebagai informasi yang bermanfaat maka Anda dapat melihat tips dan cara menjadi seorang CEO di perusahaan, diantaranya:

1. Dapat Membangun Tim dan Karyawan yang Solid

Para karyawan dan tim yang solid di dalam sebuah perusahaan tentu tidak bisa terjadi begitu saja. Di mana peran CEO tentu bisa mempengaruhi hal ini. Sebab, seorang CEO harus dapat menjadi sebuah jembatan penghubung yang baik antar para karyawannya dengan dewan direksi yang ada di dalam perusahaan.

2. CEO Sebagai Perwakilan Perusahaan

Peran CEO tentu sangat penting di dalam suatu perusahaan, terlebih lagi pada saat CEO berurusan dengan yang namanya citra perusahaan serta kualitas produk. Seperti sebelumnya yang telah disebutkan di atas bahwa CEO diartikan pula sebagai wajah dari sebuah perusahaan yang ia pimpin sehingga keberadaan CEO di publik memang sangat berpengaruh sekali terutama pada opini publik mengenai produk ataupun perusahaannya.

3. Harus Bisa Membangun Budaya Kerja yang Positif 

Kondisi lingkungan kerja yang ada di dalam suatu perusahaan tentu menjadi salah satu hal yang penting dan ini memang harus diperhatikan dengan baik oleh CEO. Setiap pesan yang nantinya disampaikan oleh CEO atau Chief Executive Officer kepada semua karyawan atau pegawai perusahaan bisa memiliki makna tersendiri sehingga dapat berpengaruh terhadap kinerja dari karyawan perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu saja, seorang CEO juga harus bisa mengetahui dengan jelas tentang apa yang terjadi di perusahaan, baik itu terkait dengan masalah karyawannya, perusahaan dan sebagainya karena ini juga berpengaruh langsung dengan budaya kinerja para karyawan di perusahaan.

Jadi, setelah Anda mengetahui tentang informasi CEO, baik itu pengertian CEO, tugas dan tanggung jawab Chief Executive Officer hingga kemampuan serta tips menjadi CEO maka kini saatnya Anda juga harus menerapkan sebuah aplikasi Appsensi terbaik untuk mengoptimalkan kinerja para karyawan terutama dalam kegiatan dan aktivitas sehari-hari di perusahaan.

Disini Anda bisa menggunakan Absensi Online yang berbasis mobile dan mendukung semua kegiatan mulai dari perusahaan, pemerintahan hingga UMKM. Tidak hanya itu saja, Absensi Online dari Appsensi ini juga dapat dilakukan dengan mudah, dimana saja dan kapan saja. 

Selain itu, melalui aplikasi ini juga dapat memberikan solusi tepat untuk pencatatan kehadiran, penarikan laporan secara real-time hingga penjadwalan para karyawan perusahaan. Kemudian mengingat saat ini banyak perusahaan yang membuat aturan WFH (work from home) membuat aplikasi yang satu ini sangat bermanfaat sekali. Ada banyak fitur andalan yang nantinya dapat mendukung penuh kinerja serta produktivitas karyawan di perusahaan seperti :

  • Laporan aktivitas
  • Pengajuan klaim
  • Manajemen shifting
  • Face recognition
  • Penanda lokasi
  • Pengajuan cuti
  • Payroll 
  • Earned wages access dan lainnya.

Jika Anda menggunakan ini tentu akan ada berbagai kemudahan dalam menggunakan Appsensi secara Real-Time sehingga bisa mendapatkan berbagai informasi kehadiran para karyawan secara online, akses aman dan mudah hingga dapat memonitor secara penuh produktivitas karyawan dengan baik, mulai dari perhitungan laporan jam kerja, lembur, keterlambatan dan lainnya. Jadi, dengan adanya aplikasi dan fitur canggih di dalamnya tentu saja dapat membantu Anda untuk melakukan absensi karyawan dengan mudah secara online.

CEO adalah menjadi posisi terpenting di perusahaan. Namun, untuk membuat segalanya menjadi mudah dan demi perkembangan perusahaan maka Absensi Online dari Appsensi sangat penting sekali untuk diterapkan. Jika Anda tertarik dengan aplikasi ini bisa langsung dilihat melalui website resmi di https://appsensi.com/

Baca juga: Memahami Apa itu Manajemen Pegawai dalam Usaha

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments