Hero Blog General

Pentingnya Nomor Pendaftaran Perusahaan Untuk Membangun Startup

Juli 20, 2023

Article by Ricky Caesar Sam

NPP atau nomor pendaftaran perusahaan merupakan hal terpenting bagi sebuah perusahaan. Lantaran NPP berfungsi sebagai salah satu syarat untuk memperoleh fasilitas seperti kesehatan, ketenagakerjaan, dan layanan lainnya. Jaminan tersebut akan diberikan kepada karyawan yang akan bekerja di perusahaan Anda.

Selain itu, nomor pendaftaran perusahaan adalah hal wajib yang harus diberikan kepada setiap karyawan. Apabila perusahaan tidak memberikan NPP kepada karyawan, maka perusahaan akan diberikan sanksi dan hukuman. Lebih lanjut, kami akan membahas mengenai apa itu NPP, cara mendapatkannya, hingga manfaat NPP.

Jika Anda hendak mendirikan sebuah perusahaan, hal-hal di atas adalah bagian terpenting yang tidak boleh Anda lewatkan.

Pentingnya Nomor Pendaftaran Perusahaan Untuk Membangun Startup

Key Takeaways:

  • NPP atau nomor pendaftaran perusahaan adalah syarat wajib yang harus dimiliki oleh perusahaan.
  • Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan NPP yakni menyiapkan identitas perusahaan hingga mengisi formulir registrasi.
  • Manfaat dari memiliki NPP adalah kesejahteraan karyawan, meningkatkan reputasi perusahaan, dan mendapat kepercayaan dari konsumen dan investor.

Mengenal Nomor Pendaftaran Perusahaan

Apakah Anda paham apa itu NPP? Nomor pendaftaran perusahaan dapat diartikan sebagai salah satu layanan tambahan wajib bagi program pemerintah yakni BPJS. NPP juga penting bagi karyawan, yakni sebagai salah satu aset terpenting dalam suatu perusahaan. Perusahaan memanfaatkan tenaga dan kinerja karyawan, maka dari itu dapat menciptakan hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan karyawan.

Jika Anda hendak membangun sebuah perusahaan, Anda perlu memperhatikan kesejahteraan karyawan. Kesejahteraan adalah salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap karyawan. Apabila Anda tidak melakukan proses pendaftaran Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP), maka Anda akan mendapatkan pandangan yang buruk oleh masyarakat di lingkungan perusahaan Anda. 

Hal ini dapat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, kualitas karyawan, hingga proses operasi perusahaan dan berpotensi mengalami kerugian yang besar bagi perusahaan Anda.

Oleh karena itu, Anda dapat segera melakukan pendaftaran pada Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) dengan berbagai tahapan. 

Baca Juga : Contoh MoU Kerjasama Bisnis, Lengkap dengan Cara Membuatnya

Tata Cara Mendapatkan NPP untuk Perusahaan Startup

NPP perusahaan merupakan identitas penting yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, terutama bagi Anda yang hendak mendirikan startup. Salah satu fungsi pentingnya yakni menyelesaikan masalah tertentu yang kedepannya akan dihadapi oleh perusahaan di masa mendatang. Berikut tata cara mendapatkan NPP perusahaan:

1. Menyiapkan Identitas Perusahaan

Sebelum Anda mendapatkan NPP perusahaan, Anda dapat menyiapkan data yang diperlukan untuk mendapatkan NPP diantaranya:

  • Nama perusahaan startup.
  • NIK Anda atau pimpinan yang bertanggung jawab penuh terhadap perusahaan.
  • Alamat perusahaan.
  • Bidang usaha pada perusahaan.
  • Lokasi penanaman modal.
  • Rencana biaya penanaman modal.
  • Rencana dalam penggunaan tenaga kerja yaitu data karyawan beserta anggota keluarga.
  • Nomor kontak perusahaan.
  • Rencana perusahaan lainnya yang berhubungan dengan fasilitas fiskal dan bea cukai.
  • Urusan lainnya hingga NPWP perusahaan.

Pengelolaan urusan pajak perusahaan, dapat Anda lakukan dengan mudah menggunakan aplikasi pajak online dengan berbagai fitur lengkap.

2. Register di Website BPJS Ketenagakerjaan

Kemudian untuk membuat NPP perusahaan di dalam website BPJS ketenagakerjaan, Anda dapat memilih menu dan fitur tombol register badan usaha baru, sehingga Anda dapat masuk ke dalam akses halaman persetujuan dalam membuat NPP perusahaan. Anda dapat membaca syarat dan ketentuan sebelum membuat NPP perusahaan di halaman persetujuan tersebut.

Beberapa persyaratan dalam membuat NPP perusahaan diantaranya, pengguna atau user dalam portal website badan usaha atau badan hukum yang merupakan perusahaan atau perusahaan startup lainnya serta diwajibkan telah memiliki kewenangan dan melaksanakan kewajiban hukum secara mengikat terkait kewajiban apapun yang terjadi di dalam website portal BPJS ketenagakerjaan.

3. Mengisi Formulir Registrasi

Persyaratan berikutnya dalam memperoleh NPP perusahaan Startup, yaitu Anda dapat mengisi dan memberikan data secara lengkap dan benar yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara hukum yang berlaku.

Kemudian Anda dapat mengisi keterangan waktu yaitu tanggal yang dapat dihubungi oleh pihak layanan BPJS untuk melakukan konfirmasi, kunjungan observasi dan survei perusahaan, dan memberitahukan jadwal sosialisasi dalam layanan program dari BPJS salah satunya BPJS Ketenagakerjaan. Serta memberikan formulir registrasi badan usaha yang telah didaftarkan.

Selanjutnya, Anda dapat melakukan persetujuan untuk memperoleh NPP perusahaan dengan melakukan proses pendaftaran ulang peserta, apabila belum melengkapi proses pendaftaran sebelumnya dengan jangka waktu 90 hari.

Langkah selanjutnya yakni setelah Anda mencermati syarat dan ketentuan untuk memperoleh NPP perusahaan, Anda dapat menyetujui syarat dan ketentuan dalam mendaftarkan perusahaan dengan mencentang kotak pada halaman website tersebut, agar Anda dapat memperoleh NPP Perusahaan.

Kemudian, Anda dapat mengisi informasi mengenai perusahaan Anda dengan mengisi identitas perusahaan secara lengkap, seperti:

  • Alamat perusahaan.
  • Jumlah karyawan yang bekerja di perusahaan Anda.
  • Data keluarga karyawan Anda lainnya.
  • Nomor izin usaha.
  • NPWP.
  • Email perusahaan sebagai pemberitahuan konfirmasi dan notifikasi lainnya yang dapat dipertanggungjawabkan. 
  • Data penting lainnya.

3. Menunggu Konfirmasi

Setelah Anda mengisi formulir registrasi secara lengkap untuk memperoleh NPP perusahaan startup, Anda dapat menunggu konfirmasi melalui notifikasi melalui email perusahaan Anda.

Dalam notifikasi email tersebut, ada beberapa link yang dapat Anda lakukan dalam proses aktivasi untuk mendapatkan NPP perusahaan, yakni:

  • Link untuk memperoleh dokumen lampiran cetak formulir pendaftaran perusahaan Anda.
  • Nomor kode badan usaha yaitu perusahaan Anda yang telah terdaftar.
  • Nomor rekening dan virtual account yang akan digunakan dalam pelayanan BPJS lainnya.
  • Hak Akses untuk Anda berupa username dan kata sandi dari website BPJS Ketenagakerjaan, untuk melakukan pendaftaran karyawan di perusahaan Anda beserta anggota keluarga karyawan.

Apabila Anda telah mendapatkan dokumen-dokumen tersebut, maka perusahaan Anda resmi mendapatkan NPP perusahaan. Kemudian dapat Anda gunakan untuk melakukan laporan terkait layanan BPJS serta layanan lainnya.

Manfaat NPP Perusahaan bagi Perusahaan Startup

Manfaat NPP Perusahaan bagi Perusahaan Startup

Perusahaan startup yang memiliki NPP perusahaan dapat memperoleh keuntungan bagi seluruh komponen perusahaan yang terlibat didalamnya. Berikut beberapa manfaat yaitu:

1. Jaminan Ketenagakerjaan dan Kesehatan BPJS

Salah satu manfaat perusahaan startup yang telah memiliki NPP perusahaan yakni dapat memperoleh jaminan ketenagakerjaan dan kesehatan melalui BPJS. mengapa hal tersebut penting? Karena BPJS adalah salah satu fasilitas yang dapat dinikmati oleh setiap karyawan, termasuk Anda sebagai pemilik perusahaan.

Selain itu juga memberikan manfaat lainnya, yakni sebagai salah satu persyaratan penting dalam prosedur pembayaran iuran jaminan premi pada BPJS setiap bulan. NPP perusahaan bermanfaat terhadap akses layanan dalam program BPJS dan program lainnya, serta melengkapi kebutuhan administrasi sumber daya manusia dalam pelayanan lainnya.

Terakhir, program BPJS ketenagakerjaan telah mendapatkan jaminan hak sepenuhnya dalam memperoleh jaminan kecelakaan kerja hingga jaminan hari tua yang akan diberikan secara langsung.

2. Kesejahteraan Karyawan

NPP perusahaan akan membantu perusahaan Anda untuk tidak perlu membuat skema jaminan baru, sehingga karyawan Anda dapat memperoleh kesejahteraan bekerja pada perusahaan Anda. NPP perusahaan dapat dimanfaatkan oleh karyawan dalam mengakses layanan jaminan, pembayaran iuran, hingga pengecekan saldo secara berkala.

NPP perusahaan juga membutuhkan pekerjaan human resource atau HR terkait mengelola keperluan administrasi selama bekerja di perusahaan. Pelayanan dalam memperoleh NPP perusahaan juga tidak dipungut biaya administrasi, sehingga karyawan dapat memperoleh kesejahteraan saat bekerja di perusahaan Anda.

3. Meningkatkan Reputasi Perusahaan

NPP perusahaan juga penting bagi karyawan Anda. Sebab, NPP perusahaan merupakan hal yang penting dalam memberikan jaminan untuk kesejahteraan karyawan. NPP Perusahaan memberikan kepentingan bagi perusahaan Anda dalam meningkatkan reputasi, eksistensi, dan kepercayaan melalui kredibilitas bagi perusahaan lain di kalangan investor yang memiliki hubungan kerjasama pada perusahaan Anda.

NPP perusahaan juga berperan penting dalam melancarkan dan memudahkan operasi perusahaan yang selama ini dapat berjalan dengan baik. Sebagai pengusaha, Anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan usaha secara luas dan melakukan kerjasama ke perusahaan lainnya yang memiliki kredibilitas. 

4. Kepercayaan Konsumen dan Investor

NPP perusahaan juga berfungsi sebagai tanda Anda memiliki izin usaha yang jelas dan legal. Hal ini dapat mempengaruhi konsumen dan investor di perusahaan Anda yang memiliki kepercayaan terhadap dalam melakukan transaksi, kerjasama dan layanan lainnya yang Anda tawarkan.

Perusahaan yang memiliki NPP, dapat melakukan kontribusi terkait perkembangan proses bisnis secara aman dan nyaman di wilayah tertentu. Sebagai salah satu hal karena telah mematuhi peraturan dan dapat melindungi semua pihak di perusahaan Anda.

Baca Juga : Panduan Membuat Surat Domisili Perusahaan

Apa Manfaat Penting NPP dalam Perusahaan Bisnis?

Adanya NPP di sebuah perusahaan tidak hanya menguntungkan bagi perusahaan itu sendiri, tetapi juga bagi semua pekerja yang ada. Manfaat tersebut antara lain adalah:

  • Membuat Para Pekerja Lebih Sejahtera

Sebuah perusahaan yang memiliki NPP, pasti akan mudah mendaftarkan karyawannya ke BPJS dan karyawan akan memperoleh semua hak jaminan yang disediakan dalam program BPJS ketenagakerjaan. Secara langsung, hal ini akan membuat para karyawan merasa lebih tenang dan nyaman dalam bekerja, lantaran adanya proteksi yang diberikan perusahaan kepada karyawan.

  • Kemudahan Pengelolaan Layanan BPJS oleh Perusahaan

Bagi perusahaan yang mempunyai NPP tidak hanya sebuah bentuk pemenuhan terhadap syarat pendaftaran saja, tetapi juga memudahkan prosedur pembayaran premi yang dilakukan setiap bulannya.

NPP memungkinkan perusahaan maupun karyawan untuk mengakses BPJS online dan semua orang bisa mengontrol dan memeriksa saldo BPJS tersebut. Tentu akan mengurangi kerepotan perusahaan karena tidak perlu membuat laporan rutin lagi.

Peran Appsensi Dalam NPP

Kini, Anda telah mengetahui lebih dalam terkait NPP. Mulai dari apa itu NPP, tata cara mendapatkan NPP, hingga manfaat NPP. Saat ini, apakah Anda berencana untuk membangun sebuah perusahaan? Tentunya, Anda membutuhkan teknologi yang modern untuk menunjang acara tersebut. Dalam sebuah perusahaan pasti membutuhkan banyak karyawan. Bingung harus memulai darimana? Berikut kami hadirkan Appsensi.

Appsensi merupakan aplikasi penyedia solusi HR yang memberikan solusi performance management system terbaik di Indonesia. Appsensi membantu Anda menyediakan banyak fitur seperti attendance, activity, claim, hingga overtime yang dapat mengevaluasi kinerja dan kemampuan karyawan secara sistematis dan detail. Sehingga, Anda dapat merencanakan pengembangan karir perusahaan Anda menjadi lebih baik dan berkualitas. Anda dapat mencoba gratis untuk fitur Appsensi.

Tertarik untuk mencoba Appsensi? Kunjungi website kami untuk mengetahui lebih lanjut.

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

Artikel Terkait

Top Artikel

Artikel Terkait

TOC Icon