Hero Blog General

Cara Tepat Memilih Jasa Outsourcing untuk Perusahaan Anda

Juni 9, 2023

Article by Marketing Appsensi

Jasa outsourcing adalah sebuah jasa yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia tenaga kerja untuk menyelesaikan sebagian atau keseluruhan pekerjaan. Opsi alih daya ini bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan perusahaan Anda ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Key Takeaways:

  • Salah satu solusi pemenuhan karyawan adalah dengan menggunakan tenaga kerja outsourcing.
  • Keuntungan yang bisa didapatkan antara lain, efisiensi waktu dan biaya, ketersediaan tenaga kerja unggul, dan kemudahan menjalankan bisnis.

Sebagai seorang pebisnis, Anda tentu ingin meningkatkan performa dan kinerja Anda ke level yang lebih tinggi lagi. Namun, niatan ini tentu saja bukanlah langkah yang mudah. Banyak sekali pertimbangan yang perlu Anda lakukan agar bisa dilakukan secara efektif.

Salah satu pertimbangan terbesarnya mungkin adalah perhitungan tenaga kerja yang harus Anda miliki untuk mewujudkannya. Untungnya, saat ini penyediaan tenaga kerja tidak lagi perlu Anda ataupun perusahaan Anda pikirkan sendiri.

Saat ini telah banyak menjamur perusahaan outsourcing (alih daya).

Perusahaan outsourcing (alih daya) adalah sebuah perusahaan penyedia tenaga kerja yang dapat membantu sebuah perusahaan yang membutuhkan jasa tenaga kerja untuk menyelesaikan sebagian atau keseluruhan urusan dalam perusahaan itu.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi terbaik yang bisa kami kumpulkan terkait perusahaan outsourcing (alih daya), jika Anda adalah seorang pebisnis yang sedang mencari jasa tenaga kerja outsourcing (alih daya). Kami sarankan Anda membaca artikel ini hingga selesai.

Apa Itu Jasa Outsourcing?

Seperti yang telah sedikit disinggung dalam sub-bab sebelumnya, perusahaan outsourcing adalah sebuah sebuah perusahaan yang terikat perjanjian kerja dengan perusahaan pengguna jasa outsourcing untuk menyediakan tenaga kerja guna membantu sebuah perusahaan menjalankan bisnisnya.

Namun, perlu diingat perusahaan penyedia jasa atau jasa outsourcing ini memiliki aturan-aturan yang hanya mengijinkan penyedia tenaga kerja untuk memberikan tenaga kerja sebagai pendukung bukan sebagai tenaga kerja inti perusahaan pengguna jasa.

Perusahaan penyedia jasa outsourcing bukan hanya sebagai penyalur tenaga kerja namun juga berkewajiban untuk melindungi dan mengawasi kinerja dari tenaga kerja yang menjadi bagian dari jasa penyediaan tenaga kerja itu sendiri.

Perusahaan outsourcing terikat perjanjian kerja dengan perusahaan pengguna jasa dan tenaga kerja outsourcing itu sendiri.

Keuntungan Menggunakan Penyedia Tenaga Kerja Outsourcing

Setelah membaca informasi-informasi di atas, Anda mungkin jadi semakin penasaran dengan jasa outsourcing ini.

Sebagai pebisnis, rasa penasaran ini tentu tidak bisa lepas dari apa sebenarnya keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai pengguna jasa outsourcing dan apakah bisa jasa outsourcing ini menjadi solusi dari permasalahan perusahaan yang sedang Anda alami.

Untuk menjawab rasa penasaran di atas, kami telah merangkum beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan jasa outsourcing.

1. Biaya lebih rendah

Dengan menggunakan jasa outsourcing, perusahaan dapat menghemat biaya operasional dan administratif karena tidak perlu membayar gaji, asuransi, dan tunjangan lainnya untuk karyawan tambahan. Selain itu, perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pelatihan dan pengembangan karyawan baru.

2. Fleksibilitas dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia

Dengan menggunakan jasa outsourcing, perusahaan dapat memperoleh sumber daya manusia yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan bisnis pada saat itu. Perusahaan dapat mengatur waktu, durasi, dan jumlah sumber daya manusia yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan bisnisnya, sehingga perusahaan dapat menjadi lebih fleksibel dan responsif terhadap perubahan permintaan pasar.

3. Fokus pada aktivitas inti bisnis

Dengan menggunakan jasa outsourcing, perusahaan dapat fokus pada kegiatan inti bisnis Anda, seperti pengembangan produk dan pelayanan pelanggan. Perusahaan tidak perlu lagi terlibat dalam operasi harian atau tugas administratif yang tidak efektif atau kurang efisien jika dilakukan oleh karyawan internal, sehingga perusahaan dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas bisnis Anda.

4. Mendapatkan keahlian yang lebih baik

Dengan menggunakan jasa outsourcing, perusahaan dapat memperoleh sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan pengalaman khusus di bidang tertentu. Hal ini dapat membantu perusahaan meningkatkan kinerja bisnisnya dengan memanfaatkan keahlian yang tidak dimiliki oleh karyawan internal.

5. Meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan

Dengan menggunakan jasa outsourcing, perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya manusia dan teknologi yang ada, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan. Hal ini dapat membantu perusahaan meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperoleh keuntungan yang lebih besar di pasar.

Keuntungan Menggunakan Penyedia Tenaga Kerja Outsourcing

Baca juga: Panduan Lengkap tentang Menghitung Gaji Outsourcing

Kewajiban Perusahaan Penyedia Jasa Outsourcing

Apakah perusahaan Anda makin tertarik menggunakan jasa outsourcing?

Sebelum memutuskan untuk melakukan perjanjian kerja dengan pekerja atau karyawan outsourcing ada baiknya Anda memahami kewajiban yang harus disediakan perusahaan outsourcing kepada pekerja atau karyawan outsourcing.

Tujuannya tentu saja agar Anda tidak terkena risiko pelanggaran hukum yang telah diatur berdasarkan hukum yang berlaku di negara.

Berikut adalah kewajiban yang perlu Anda cek dari perusahaan outsourcing yang akan berhubungan langsung dengan perusahaan Anda untuk memenuhi kebutuhan Anda.

1. Menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas

Perusahaan outsourcing harus menyediakan sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi dan keahlian yang dibutuhkan oleh klien. Sumber daya manusia yang disediakan harus memenuhi standar kompetensi yang telah ditetapkan dan memiliki pengalaman yang relevan dalam bidang yang diperlukan.

2. Menjamin hak dan kesejahteraan tenaga kerja

Perusahaan outsourcing harus memastikan bahwa hak dan kesejahteraan tenaga kerja yang disediakan terjamin. Hal ini meliputi pembayaran gaji yang sesuai dengan standar, memberikan jaminan sosial dan asuransi kesehatan, serta memastikan kondisi kerja yang aman dan sehat.

3. Menjaga kerahasiaan informasi klien

Perusahaan outsourcing harus menjaga kerahasiaan informasi klien dan tidak membocorkan informasi rahasia yang diberikan oleh klien kepada pihak lain tanpa izin dari klien. Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan klien dan menghindari pelanggaran privasi dan keamanan informasi.

4. Menyediakan pelayanan yang berkualitas

Perusahaan outsourcing harus menyediakan pelayanan yang berkualitas dan memenuhi harapan klien. Hal ini meliputi responsif terhadap permintaan klien, menyediakan sumber daya manusia yang terampil dan terlatih, serta memberikan layanan yang sesuai dengan kontrak yang telah disepakati.

5. Menjaga hubungan yang baik dengan klien

Perusahaan outsourcing harus menjaga hubungan yang baik dengan klien dan berkomunikasi secara teratur untuk memastikan bahwa kebutuhan klien terpenuhi dengan baik. Hal ini juga penting untuk membangun kepercayaan dan memperoleh pelanggan setia.

Pastikan semua hal di atas telah dipenuhi oleh perusahaan outsourcing yang berhubungan dengan Anda.

Baca juga: Perusahaan Outsourcing Adalah: Jenis dan Tips Mendirikannya

Pengawasan Kehadiran Karyawan

Jika sebelumnya Anda telah mengetahui keuntungan dan kewajiban yang harus dipenuhi berdasarkan aturan yang berlaku, di sub-bab ini Anda akan mendapat informasi tentang bagaimana cara agar pengawasan tentang kehadiran karyawan jadi lebih mudah.

Appsensi adalah sebuah aplikasi mobile attendance yang menyediakan fitur absensi online yang dilengkapi face recognition dan GPS sehingga akan memudahkan Anda melakukan pengawasan karyawan secara real time dari mana saja.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap, Anda bisa melakukan penjadwalan demo di sini.

Artikel Terkait

Outsourcing - Juni 22, 2023

Implementasi Outsourcing Yang Sukses

Outsourcing - Juni 21, 2023

Mengenal Manajemen Risiko Outsourcing

Top Artikel

Artikel Terkait

Outsourcing - Juni 22, 2023

Implementasi Outsourcing Yang Sukses

Outsourcing - Juni 21, 2023

Mengenal Manajemen Risiko Outsourcing

TOC Icon