Yuk Terapkan Ini Dia 6 Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Februari 7, 2021

Loyalitas karyawan yang tinggi adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jika banyak karyawannya yang loyal terhadap perusahaan, maka turnover keluar masuknya karyawan pun rendah. Bagaimana cara meningkatkan loyalitas karyawan?

Yuk Terapkan Ini Dia 6 Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan
source: https://www.business2community.com/

Ciri-ciri Karyawan Loyal

Banyak faktor yang mengindikasikan karyawan bisa disebut sebagai karyawan yang loyal atau tidak. Berikut ini beberapa kriteria dan ciri-ciri karyawan lokal, di antaranya:

1. Memiliki integritas tinggi dalam bekerja

Seorang karyawan yang loyal akan berintegritas tinggi dalam pekerjaannya. Mereka akan berkerja sesuai dengan prosedur dan aturan perusahaan. Tidak peduli apakah yang dilakukan dilihat oleh atasan maupun orang lain di lingkungan kantornya. 

Karyawan yang berintegritas akan fokus terhadap tugas dan tanggung jawab yang dikerjakannya tanpa adanya intervensi dari pihak lain yang sekiranya tidak terlalu berpengaruh dengan bidang pekerjaannya. Mereka akan disiplin, jujur, dan bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukan. 

2. Mencintai pekerjaan

Seseorang yang mencintai pekerjaannya akan melakukan segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaannya dengan sepenuh hati. Didukung dengan suasana yang nyaman di lingkungan kerja seperti fasilitas yang memadai, atasan yang baik, serta rekan kerja yang suportif. 

Jenis pekerjaan yang didapatkan biasanya juga sesuai dengan passion, hobi, keinginan, atau jurusan pendidikannya. Sehingga mereka sudah paham betul apa yang harus dilakukan dan memang menyenangi pekerjaan tersebut. Karyawan seperti ini cenderung akan lebih loyal ke perusahaan. 

3. Peduli dengan kinerja karyawan lain

Meskipun sering terjadi adanya saling sikut antar karyawan untuk mencari muka di depan atasan demi posisi atau jabatan tertentu, karyawan yang loyal tidak akan terlalu peduli dengan persaingan. Mereka akan fokus dengan pekerjaannya dan melakukan yang terbaik. 

Bahkan mereka juga merasa peduli dengan kinerja karyawan lainnya serta menjalin hubungan yang baik sesama rekan kerja. Karyawan yang demikian tidak akan segan untuk memberi pujian dan memberi apresiasi sebagai bentuk perhatian sesama karyawan. 

4. Bersikap kritis

Karyawan yang loyal akan ikut memikirkan kemajuan perusahaannya. Sehingga mereka tidak akan sungkan dan ragu untuk mengemukakan kritik, saran, dan ide-ide yang membangun demi kepentingan perusahaan. Mereka juga tak akan pernah ragu untuk selalu inisiatif dalam bekerja. 

Tak jarang mereka juga akan membuat inovasi dan kreativitas yang dapat membantu meningkatkan produktivitas perusahaan. Setidaknya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas karyawan tersebut dalam bekerja. 

5. Bertanggung jawab

Apa yang menjadi tugas pekerjaannya akan selalu dikerjakan oleh karyawan loyal dengan sangat baik. Tak jarang mereka akan rela untuk tetap bekerja meskipun sedang libur karena merasa apa yang menjadi tanggung jawabnya harus diselesaikan. 

Mereka juga tak akan sulit dihubungi meskipun sudah di rumah atau berada di luar kantor. Bukan berarti tidak bersikap profesional karena mencampurkan urusan kantor saat di rumah. Tapi, itu semua dilakukan semata-mata karena mereka bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. 

Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Memang bukan hal yang mudah untuk mendapatkan karyawan yang loyal. Ada beberapa faktor pendukung yang harus dipenuhi oleh perusahaan untuk mendapatkan salah satu aset berharga mereka. Berikut ini cara meningkatkan loyalitas karyawan yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Menerapkan penilaian yang efektif dan bersikap adil

Karyawan yang mendapatkan jabatan atau kenaikan gaji sesuai dengan performa kerjanya cenderung lebih memiliki loyalitas. Hal ini dikarenakan mereka merasa apa yang dikerjakannya dihargai dan diapresiasi oleh perusahaan sehingga mereka tak akan segan-segan bersikap loyal. 

Lakukan penilaian yang efektif dan fair berdasarkan standar yang telah disepakati. Jangan hanya menilai karyawan karena rasa suka atau tidak suka. Lakukan penilaian secara objektif sesuai dengan jerih payah karyawan. 

2. Memberikan hak dan wewenang karyawan

Karyawan memang dituntut untuk bekerja dan menyelesaikan tugas serta tanggung jawabnya. Perusahaan juga dituntut untuk memberikan hak-hak secara seimbang. Mulai dari gaji, tunjangan kesehatan, fasilitas kerja, jaminan sosial, keamanan, serta tunjangan hari raya. 

Hak-hak karyawan harus diberikan secara profesional sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang ketenagakerjaan. Ketika karyawan sudah mendapat haknya, maka mereka akan lebih fokus untuk melakukan kewajibannya tanpa khawatir haknya tidak dipenuhi. 

3. Beri jenjang karir yang jelas

Tanpa adanya kejelasan tentang jenjang karir, karyawan bisa saja memilih untuk keluar dan mencari kesempatan yang lebih baik. Jika perusahaan merasa karyawan tersebut adalah aset berharga karena performa dan loyalitasnya selama ini, tentu jangan biarkan hal tersebut terjadi. 

Jenjang karir yang jelas akan membuat karyawan semakin termotivasi untuk terus berkembang dan belajar sehingga bisa mencapai karir yang mereka inginkan dan dijanjikan perusahaan. Jenjang karir biasanya berkaitan dengan kinerja, perilaku, kompetensi, dan waktu kerja karyawan. 

4. Promosikan karyawan

Mempromosikan karyawan artinya perusahaan harus menaikkan jabatan dan gaji yagn menjadi hak karyawan loyal yang selama ini telah bekerja dengan baik. Beri promosi kepada karyawan yang berpotensi khususnya karyawan spesial yang memang dibutuhkan oleh karyawan. 

Dengan adanya promosi jabatan maupun gaji yang diberikan oleh perusahaan, diharapkan karyawan tersebut akan lebih setia dan loyal terhadap perusahaan tersebut. Sehingga mereka juga akan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya tanpa berpikir untuk resign. 

5. Memberi kebebasan untuk berkreativitas

Jangan terlalu mengekang karyawan dalam bekerja karena ketika mereka semakin tertekan, kreativitas yang dimiliki bisa saja malah menurun. Alhasil ide-ide brilian dan inovasi yang seharusnya bisa diciptakan justru tidak bisa dikeluarkan karena adanya batasan dari perusahaan. 

Beri ruang kepada karyawan untuk berkreativitas secara bebas di luar standar kerja yang telah diterapkan. Beri kebebasan kepada karyawan untuk menyampaikan aspirasi, ide, opini, serta kritik dan saran yang membangun. Dengan demikian perusahaan pun akan diuntungkan. 

6. Memberikan apresiasi atau bonus

Karyawan yang diberikan bonus lebih atas pencapaian yang dilakukan dalam pekerjaannya tentu akan merasa senang karena kinerjanya diapresiasi dengan baik oleh perusahaan. Mereka pun tak akan ragu lagi untuk memberikan yang terbaik kepada perusahaan. 

Perusahaan bisa memberikan bonus berupa performance bonus, year-end bonus, atau profit-sharing bonus. Karyawan yang dijanjikan bonus akan merasa lebih termotivasi dan semakin semangat dalam bekerja. Loyalitas mereka terhadap perusahaan pun akan semakin meningkat. Anda bisa menerapkan cara meningkatkan loyalitas karyawan di atas dengan tetap menyesuaikan penilaian kinerja karyawan selama ini.

Author Profile

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments