Attendance Software dan Penggunaannya yang Bermanfaat bagi Perusahaan

Desember 30, 2021

Bagi perusahaan, absensi dewasa ini bukan sekedar data yang menyuguhkan kehadiran karyawan saja. Lebih dari itu, absensi yang dimiliki juga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan crucial dalam rangka meningkatkan kinerja atau menerapkan kebijakan perusahaan. Karenanya sudah seharusnya pihak perusahaan menerapkan sistem khusus yang sekarang ini sebenarnya bisa lebih mudah dibuat memanfaatkan attendance software.

Attendance software Appsensi

Pengertian Attendance Software

Attendance sofware adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang secara khusus untuk merekam, menyimpan, dan sekaligus mengelola data kehadiran karyawan. Kehadiran perangkat ini memberi angin segar bagi perusahaan. Bagaimana tidak? Perusahaan akan lebih berhemat karena tidak membutuhkan lagi tumpukan kertas ataupun mesin sidik jari yang harganya cukup pricey sekedar untuk mengatur absensi karyawan.

Menggunakan mobile attendance software semua data absensi yang masuk bisa diolah otomatis lalu diringkas dalam bentuk laporan. Laporan inilah yang nantinya bisa diintegrasikan dengan segenap proses pengembangan SDM di suatu perusahaan. Sebut saja seperti laporan evaluasi kerja, laporan penggajian karyawan, dan lain sebagainya. Tidak perlu lagi cara manual yang cukup membuang waktu dan tenaga.

Data kehadiran karyawan yang dihimpun dari attendance software berguna untuk pengambilan segenap keputusan di perusahaan. Sebagai contoh seorang karyawan selalu datang tepat waktu, tapi ternyata kinerjanya didapati menurun. Dengan informasi data ini pihak HR bisa mencari tahu sebab penurunan kinerja karyawan sekaligus mencari solusi seperlu mengatasinya.

Attedance Software dan Penggunaannya yang Bermanfaat bagi Perusahaan

Manfaat Penggunaan Attendance Software

Pembuatan employee attendance software ditujukan untuk memudahkan perusahaan mengelola absensi karyawan secara cepat dan efisien. Selain itu, perangkat ini juga dapat digunakan untuk meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi karena human error. Di mana attendance management benar bisa lebih mudah dilakukan dengan software yang memberi manfaat sebagai berikut:

1. Kemudahan Analisis Data Kehadiran

Manfaat pertama dari penggunaan mobile attendance software yaitu memberi kemudahan analisis data kehadiran karyawan. Bagian HR bisa memeriksa kehadiran karyawan secara real time kapan saja dan dari mana saja. Jika data kehadiran sewaktu-waktu dibutuhkan misal saat melangsungkan agenda perusahaan di luar kantor, HR bisa mengambil data yang dibutuhkan tanpa harus ke kantor.

Kegiatan analisis data kehadiran pun lebih ringkas karena sudah terangkum otomatis dalam bentuk laporan attendance software. Hal ini tentu memberi kemudahan tersendiri terutama jika perusahaan yang Anda kelola merupakan perusahaan besar dengan ratusan karyawan. Tentu Anda tidak bisa membayangkan betapa repotnya analisa data karyawan yang jumlahnya ratusan bila dilakukan manual.

2. Aksesibilitas Waktu

Bagian HR perusahaan bisa memuat data kehadiran karyawan secara mudah lantaran prosesnya sudah diotomatisasi langsung menggunakan attendance software. Fitur otomasi ini memberi keleluasaan HR untuk memantau perkembangan semua karyawan, khususnya yang berkaitan dengan kedisiplinan dan konsistensi. 

Menggunakan online attendance software proses perhitungan waktu kehadiran berlangsung otomatis tanpa admin. Meski demikian, tidak ada salahnya jika perusahaan Anda berkeinginan tetap menjalankan sistem manual. Bila suatu saat dibutuhkan untuk alasan tertentu perusahaan memiliki data ganda yang bisa saling digunakan untuk cross check. Hanya saja cara manual tetap berisiko terlebih untuk perusahaan berskala besar.

3. Terintegrasi, Proses Lebih Instan

Penggunaan mobile attendance software membantu meringkas waktu mengumpulkan data presensi karyawan. Jelas lebih cepat dan instan dibanding metode manual. Jika sistem sudah terintegrasi, maka beberapa kebutuhan perusahaan lain bisa lebih mudah. Sistem juga bisa sewaktu-waktu diubah sesuai dengan kebijakan baru perusahaan.

Sebagai contoh, sistem sudah terintegrasi dengan payroll perusahaan. Hal ini memungkinkan proses hitung gaji karyawan lebih mudah dan otomatis. Perhitungan gaji karyawan menggunakan sistem ini pun akan minim dengan kesalahan. Di mana sistem hitung gaji attendance software juga mempertimbangkan beberapa hal lain seperti denda keterlambatan, pengambilan cuti, BPJS, atau hal lain disesuaikan kebijakan perusahaan.

Jika sebuah perusahaan memiliki jumlah karyawan mencapai angka ratusan, tentu akan menjadi tugas berat bagi HR menyelesaikan proses payroll secara on time. Perhitungan gaji secara manual bukan solusi dan malah berisiko fatal karena human error. Untuk itulah perusahaan perlu menghadirkan employee attendance software yang dapat diandalkan.

4. Menekan Risiko Kecurangan

Sebelumnya mungkin Anda pernah mendapati adanya kecurangan data kehadiran karyawan saat menggunakan sistem manual. Pemalsuan dilakukan untuk mendapat keuntungan pribadi bagi oknum karyawan. Jika berlangsung terus-menerus dan dilakukan oleh banyak karyawan jelas kondisi ini akan merugikan perusahaan.

Bila perusahaan memakai attendance software, maka bermanfaat menekan risiko kecurangan karyawan. Misalnya karyawan yang cenderung memanipulasi data absensi atau melakukan pencurian waktu demi mendapat keuntungan pribadi. Bila memang didapati karyawan yang culas perusahaan pun akan mendapatkan gambaran pasti sebagai pertimbangan untuk mengakhiri kontrak kerja.

5. Karyawan Bekerja Lebih Produktif

Penggunaan online attendance software diakui akan membuat kerja karyawan lebih produktif dan tepat waktu. Pada umumnya perangkat lunak untuk presensi perusahaan ini mempunyai mobile clocking yang memudahkan karyawan untuk absensi tanpa harus pergi ke kantor. Seperti mobile attendance dari Appsensi yang memudahkan pencatatan kehadiran karyawan secara online dan mobile bisa dari mana saja dan kapan saja.

Manfaat attendance software ini juga memudahkan pekerjaan terutama sejak masa pandemi diberlakukan pembatasan kerja di dalam kantor. Pihak perusahaan kemudian memberlakukan sistem kerja dari rumah yang mana menggunakan software ini produktivitas kerja karyawan akan tetap terjaga meski tidak datang ke kantor.

Artinya sistem presensi secara online menggunakan perangkat lunak ini cukup welcome atau fleksibel dengan segenap pembaruan. Termasuk pembaruan model kerja seperti hybrid working yang cukup menjadi solusi di masa pandemi.

Itulah beberapa manfaat penggunaan attendance software untuk perusahaan. Karenanya jelas tidak ada alasan untuk tidak menggunakannya. Perangkat lunak ini mudah diimplementasikan di perusahaan yang bisa saling terintegrasi untuk menunjang sistem perusahaan. Salah satu software yang direkomendasikan adalah mobile attendance by Appsensi.

Baca juga: 9 Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Karyawan Berbasis Web

Mengapa Menggunakan Mobile Attendance by Appsensi?

Mengapa Menggunakan Mobile Attendance by Appsensi?

Dengan sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan employee attendance software, tentu tidak perlu lagi keraguan menerapkan sistem absensi yang baru. Sistem yang lebih canggih dan otomatis menggunakan perangkat lunak.

Berbicara tentang perangkat lunak absensi, sekarang ini banyak produk online attendance software yang ditawarkan dengan keunggulan masing-masing. Salah satu rekomendasi yang patut perusahaan Anda pertimbangkan adalah mobile attendance by Appsensi. Mengapa? Ini beberapa alasannya:

1. UI/UX User Friendly dan Mudah Dipelajari

Attendance software dari Appsensi memiliki tampilan user interface dan experience yang ramah mudah dipelajari. Tampilan cukup ringkas menyuguhkan beberapa menu fitur yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Bagian HR yang bertugas mendata kehadiran karyawan mendapat kemudahan mempelajari sistem dalam waktu singkat. 

2. Bekal Fitur Lengkap

Tidak hanya menunjang absensi mobile, jika perusahaan Anda menggunakan mobile attendance Appsensi akan banyak kemudahan yang didapatkan. Hal ini karena banyak fitur dibekalkan oleh Appsensi, diantaranya:

  • Fitur penanda lokasi: Fitur ini memanfaatkan geo tagging yang memudahkan perusahaan untuk memantau langsung lokasi kehadiran karyawan secara akurat guna menghindari manipulasi kehadiran.
  • Fitur pemindai wajah: Pemindai wajah online attendance software Appsensi hadir dengan teknologi yang mampu memverifikasi keaslian wajah karyawan secara cepat dan akurat.
  • Fitur laporan kehadiran: Fitur attendance software ini menampilkan akses daftar hadir yang bisa bisa dilihat mengikuti sistem yang telah ditentukan.

Tentu masih banyak lagi bekal fitur yang diberikan seperti koreksi kehadiran, manajemen hari libur, pengajuan cuti, dan lainnya. Masing-masing menawarkan kemudahan tersendiri yang memastikan perusahaan Anda hanya akan diuntungkan pasca menggunakan mobile attendance software.

3. Coba Gratis

Appsensi memberikan peluang coba gratis attendance software yang mereka miliki. Tentu hal ini merupakan kesempatan langka yang bisa perusahaan Anda manfaatkan guna memastikan benar bahwa software yang ditawarkan benar memberi kemudahan dan manfaat.

Ada juga customer service yang siap membantu Anda menjawab semua pertanyaan yang belum diketahui. Pelayanan terbaik diberikan untuk kemudahan pengelolaan perusahan Anda.

Teknologi attendance software memberi banyak manfaat dengan sistem yang memudahkan pengelolaan absensi karyawan. Fitur yang tersedia juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan. Dimana fitur yang berhubungan dengan kebijakan perusahaan bisa ditambahkan ke dalam sistem.

Apakah perusahaan Anda siap menjawab tantangan dan beralih ke teknologi baru? Banyak perusahaan besar telah bekerjasama dengan Appsensi. Konsultan kami siap untuk menjawab kebutuhan produktivitas bisnis Anda, isi form dibawah ini untuk menggunakan solusi attendance software Appsensi GRATIS selama 30 hari:

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments