7 Tips Tenangkan Hati dan Pikiran Ketika Kerja

Juli 7, 2022

Bekerja dengan kondisi kondusif sangatlah mendukung produktivitas dan perubahan mood ketika bekerja. Tapi bagaimana kalau suasana bekerja tidak kondusif? Belum lagi pekerjaan sedang sangat menumpuk dan mengejar deadline? 

Tentunya bekerja dalam keadaan stress dan terburu-buru tidak akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih baik ataupun menjadi lebih produktif. Justru bisa jadi pekerjaan Anda akan berantakan dan beban bekerja menjadi terasa sangat berat karena terlalu dipikirkan. 

Tips Tenangkan Hati dan Pikiran

Kita memang tidak bisa mengendalikan kondisi dan situasi dikantor yang tengah dalam keadaan hectic atau tidak kondisif, tapi kita bisa mengatur mood kita sendiri untuk bekerja dalam situasi tersebut. 

Jika kita melakukan pekerjaan yang sama setiap hari, maka kita juga membutuhkan energi yang sama pula. Tapi mental dan fisik kita tidak sesempurna itu. Terkadang ada masalah di dalam diri kita yang tampak sulit untuk dihindarkan terutama ketika bekerja. Ini dia 7 tips untuk tenangkan hati dan pikiran ketika bekerja:

  1. Tarik nafas dan cobalah rilex

Ketika kondisi tidak kondusif cobalah untuk berhenti sejenak dari pekerjaan dan tarik nafas secara perlahan. Cobalah untuk rilex ketika melakukannya. Hal ini akan membuat pikiran terasa lebih ringan dan Anda menyadari bahwa pekerjaan Anda tidaklah seberat yang Anda pikirkan. 

  1. Hentikan bekerja secara multitasking

Mengerjakan pekerjaan secara bersamaan atau multitasking tidak akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih cepat selesai dengan hasil yang baik. Ketika kondisi yang tidak kondusif, bekerja secara multitasking justru membuat Anda merasa pekerjaan Anda sangat banyak dan terasa berat.

  1. Bentuk suasana meja kerja yang menyenangkan

Ketika pekerjaan terasa berat dan membuat stress, ada kalanya Anda membutuhkan selingan untuk mengalihkan perhatian sejenak dari pekerjaan. Memiliki pajangan meja yang menarik atau tanaman hias kecil dimeja kerja dapat membantu Anda untuk mengalihkan pikiran sejenak dari pekerjaan.

  1. Fokuslah pada tugas yang saat ini dikerjakan

Sebagian orang dapat bekerja dengan baik dibawah tekanan, namun sebenarnya hal ini kebiasaan yang tidak baik loh. Pola bekerja Anda justru akan menjadi tidak produktif dan berakhir tidak baik. Untuk itu ada baiknya ketika Anda diharuskan bekerja dibawah tekanan, cobalah untuk fokus pada prosesnya dan bukan pada cepat selesainya. Dengan memfokuskan diri, Anda akan menemukan langkah-langkan konkret yang efektif dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan hasil baik sesuai harapan Anda. 

  1. Temukan kembali tujuan untuk menyelesaikan pekerjaan

Dilansir dari Forbes.com, terdapat cara terbaik untuk mengembalikan energimu saat bekerja dibawah tekanan, yaitu dengan memahami tujuan dari tugas yang diberikan. Misalnya Anda dihadapkan dengan pekerjaan yang berhubungan dengan klien. Anda harus mengingat bahwa Anda tidak hanya sedang mengerjakan pekerjaan saja melainkan juga membangun koneksi untuk membantu Anda di masa mendatang. Dengan cara ini, Anda dapat menyelesaikan tugas dengan lebih efisien.

  1. Kerjakan secara perlahan dan beristirahat sejenak

Otak cenderung bekerja lebih cepat saat kamu dihadapkan pada situasi penuh tekanan. Padahal, tekanan membuatmu tidak bisa berpikir jernih sehingga kamu berisiko mengambil keputusan dengan gegabah. Kamu mungkin melewatkan beberapa hal yang penting. Cobalah melakukan pekerjaanmu secara perlahan tapi pasti. Berikan waktu bagi otakmu untuk beristirahat sejenak, misalnya dengan berjalan keluar dari ruang kantor.

  1. Hindari terlalu banyak minum kopi

Tips bekerja penuh tekanan selanjutnya yakni menghindari mengonsumsi kopi dalam kadar yang banyak. Memang, kopi jadi salah satu stimulan yang bagus untuk membangun mood yang baik. Tetapi, tidak dengan takaran yang terlalu banyak, sebab bagi beberapa orang kandungan kafein yang besar dalam minuman bisa menimbulkan berdebar-debar. Bukannya konsen bekerja, mungkin itu bisa jadi malah mengganggumu. Kamu mungkin bisa mengonsumsi hal lain seperti coklat misalnya. Manfaat coklat bagus juga untuk meningkatkan konsentrasi dan membuat mood bagus. 

Dengan hati dan pikiran yang tenang, tentunya akan membuat mood kerja menjadi lebih membaik dan lebih produktif. Apabila tips yang telah diberikan masih membuatmu merasa kesulitan untuk fokus dalam bekerja dibawah tekanan, mungkin ini saatnya kamu mengajukan cuti untuk healing sejenak dari rutinitas pekerjaan. 

Ajukan cuti dengan mudah di Appsensi

Ingin mengajukan cuti dengan cepat ke atasan Anda tanpa repot? Appsensi dapat membantu Anda! 

Appsensi adalah aplikasi absensi online, hitung gaji secara online yang juga bisa digunakan sebagai aplikasi pengajuan cuti online karyawan. Fitur cuti online dapat menyederhanakan proses pengajuan dan persetujuan cuti karyawan menjadi lebih praktis, lebih hemat, lebih cepat, dan dapat dilakukan di mana saja tanpa perlu ada form-form manual atau kertas.

Cukup melalui aplikasi, karyawan dapat mengajukan cuti dan atasan dapat menyetujuinya secara langsung tanpa proses panjang. Ini memungkinkan karyawan mengajukan cuti untuk urusan mendadak.

Keuntungan lainnya, data cuti karyawan otomatis dapat tercatat secara online di server cloud Appsensi. Cuti karyawan yang disetujui akan langsung mengurangi jatah atau saldo cuti mereka, sehingga Anda memiliki data real-time, tak perlu repot melakukan update data cuti karyawan setiap saat secara manual satu per satu.

Tertarik untuk mencoba fitur cuti online yang praktis dan efisien dari Appsensi? Anda dapat menghubungi kami di sini. Jika masih ragu, Anda juga bisa mencoba aplikasi mobile attendance Appsensi secara gratis selama 30 hari.

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments