Bagaimana Cara Absen Fingerprint dengan Hp secara Mudah?

Februari 18, 2021

Cara absen fingerprint dengan HP saat ini menjadi pilihan terutama di masa pandemi karena memiliki tingkat keakuratannya cukupĀ  tinggi. Oleh sebab itu beberapa perusahaan memanfaatkan sistem ini terutama bagi mereka yang bekerja dari rumah (work from home). Alhasil, layanan tersebut bisa mengatur jadwal secara real-time dan mengkoordinir kebutuhan tenaga kerja.

Cara Kerja Absen Fingerprint dengan Hp

Mesin absensi fingerprint HP memiliki sistem kinerja khusus, untuk itu Anda harus mengetahui bagaimana cara menggunakannya terlebih dahulu. Terdapat 2 langkah untuk melakukan absensi ada aplikasi ini. Maka, perusahaan dapat memilih sesuai kebutuhan serta budget yang tersedia.

Sensor fingerprint dan kamera dapat membantu otentikasi user untuk mencocokkan data absensi e server. Selanjutnya bisa mengakses lokasi GPS, hal ini akan meminimalisir penipuan karena cukup valid.

Semua data yang didapat sistem akan tercatat pada data base secara online. Poin yang terdapat di dalamnya mulai dari waktu, lokasi, dan lama bekerja. Tentunya bisa memudahkan kinerja serta membuat semakin efektif dan efisien dalam memantau semua pekerja yang ada.

source: https://www.kaspersky.com/

Kelebihan Absen Fingerprint dengan Hp

Absen fingerprint ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan lainnya, perangkat yang digunakan sendiri yaitu berupa HP sehingga tidak memerlukan pendukung khusus. Bahkan, secara tidak sadar Anda akan dimudahkan dengan adanya sistem ini. Beberapa kelebihannya seperti:

1. Memiliki Fitur yang Lengkap

Fitur yang disematkan dalam aplikasi absen sidik jari ini cukup mumpuni sehingga bisa menunjang kebutuhan para penggunanya serta tingkat validitasnya. Saat akan mengaplikasikannya pun Anda bisa mencoba akun gratis yang bisa diakses dalam jangka waktu tertentu. Lalu apa saja fiturnya?

  • Fitur Utama

Mengurangi pencatatan secara manual sehingga kinerja semakin efektif. Di sisi lain, tingkat kehadiran karyawan bisa terdata secara rinci sehingga minim terjadinya kehilangan atau diretas. Bahkan bisa dipantau melalui sistem utama yang dapat meminimalisir terjadinya kecurangan.

  • Koreksi Kehadiran

Fitur ini bisa Anda gunakan untuk mengoreksi kehadiran karyawan agar tidak data semakin akurat. Hal ini penting sebab sistem bisa saja eror karena adanya gangguan. Misalnya karena jaringan yang tidak optimal maupun server utama terkena virus sehingga mengganggu tingkat keakuratan.

  • Laporan Aktivitas

Setiap bulannya Ada bisa memantau aktivitas semua karyawan secara realtime. Hal ini bermanfaat untuk meminimalisir adanya penyalahgunaan wewenang. Jika terbukti melanggar, maka pihak kantor bisa menjatuhkan sanksi sesuai dengan tingkat pelanggarannya.

  • Laporan Kehadiran

Fitur laporan kehadiran ini sistemnya yaitu mencatat jam kerja setiap harinya untuk mengetahui ketepatan lama waktu dan performa kerja. Oleh sebab itu meski tidak bertemu secara langsung, namun tetap dapat memantau dengan baik para karyawannya sehingga bisa tetap disiplin.

  • Denda Keterlambatan

Meski melalui sistem online, namun tidak  menutup kemungkinan ada karyawan yang masih terlambat. Oleh sebab itu, platform ini memiliki fitur tambahan berupa denda keterlambatan untuk membuat mereka semakin bertanggung jawab serta disiplin.

  • Penanda Lokasi

Fitur satu ini terbilang cukup canggih, karena Anda bisa memantau lokasi karyawan saat cek in dan cek out. Jika terjadi pelanggaran, maka server utama bisa mendeteksinya dengan baik. Untuk itu Anda perlu mencari penyedia platform dengan fasilitas yang memenuhi standar serta terpercaya.

  • Manajemen Shifting

Beberapa kantor memiliki sistem shift, untuk menghindari terjadinya rancu platform ini disematkan fitur manajemen shifting. Data karyawan saat itu akan tercatat secara otomatis sehingga tidak bisa melakukan penipuan, akan lebih aman, dan sportif.

  • Pemindai Wajah

Manfaat dari fitur ini adalah untuk membuat data semakin valid dan tidak dapat dimanipulasi meski kembar identik, hal ini karena setiap orang memiliki ciri khas tersendiri. Cara kerjanya yaitu setiap kali akan login, maka karyawan diminta untuk menampilkan wajahnya.

  • Manajemen Hari Libur

Beberapa orang seringkali lupa jika sedang tanggal merah atau hari libur khusus kantor. Untuk itu, saat ini sudah disediakan manajemen hari libur sesuai dengan settingan dari pengguna. Sistem nantinya akan memberikan pemberitahuan jika Anda akan melakukan absensi.

  • Pengajuan Cuti

Menggunakan sistem ini Anda tidak perlu repot-repot untuk membuat surat cuti secara manual. Alhasil, akan menghemat kertas serta mengefektifkan penggunaan waktu. Kemudahan ini menjadi salah satu nilai plus, terutama jika terjadi hal yang mendadak seperti kecelakaan atau bencana alam.

2. Tingkat Keamanan yang Cukup Tinggi

Aksesnya cukup aman karena didukung fitur pengenalan wajah dan deteksi lokasi (GPS). Dengan begitu, jika perangkat Anda sewaktu-waktu menghilang atau tertinggal maka orang lain tidak bisa menggunakannya. Efek positifnya yaitu bisa meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja.

Memilih platform dengan tingkat keamanan tinggi menjadi solusi terbaik untuk menghindari para oknum nakal yang ingin menyalahgunakan sistem ini. Saat ini ,kecanggihan teknologi bisa digunakan untuk kegiatan positif maupun negatif sehingga harus menyeimbangkan dengan fitur pendukung.

3. Bisa Merekap Laporan Jam Kerja Secara Otomatis

Perhitungan laporan jam kerja, keterlambatan, lembur dan lainnya bisa direkap secara otomatis. Namun sebelumnya Anda harus melakukan absen terlebih dahulu jika menjalankan kerja tambahan. Biasanya server akan dikendalikan oleh karyawan yang bertugas sehingga data bisa disesuaikan.

Laporan jam kerja secara otomatis akan tersimpan pada server pengendali sehingga tidak khawatir akan hilang. Selanjutnya akan direkap untuk kemudian dijadikan laporan dan akan mempengaruhi gaji setiap karyawannya, jika ada yang menyelewengkan tanggung jawab bisa turun drastis.

4. Terdapat Pilihan Paket Menarik

Ada berbagai paket menarik untuk menghemat pengeluaran, sebelumnya Anda Perlu memperhatikan terkait keamanan serta kebutuhan terlebih dahulu. Jika semakin mahal maka kemungkinan besar fitur serta kapasitas menampung karyawan semakin besar. Berikut rinciannya:

  • Basic

Cocok untuk perusahaan skala kecil dengan jumlah karyawan 1-10 orang. Anda akan mendapatkan geo tagging, face recognition, aktivitas karyawan, direktori perusahaan, dan penjadwalan standar. Terkait harga dapat diperiksa melalui web resmi penyedia layanan.

  • Starter

Bisa digunakan untuk perusahaan skala menengah yaitu 10-100 orang seperti start up atau UMKM. Anda bisa mendapatkan berua geo tagging, face recognition, aktivitas karyawan, direktori perusahaan, dan penjadwalan standar, penjadwalan khusus, pengaturan zona, serta kehadiran.

Demikian penjelasan terkait Cara absen fingerprint dengan HP yang akan mempermudah melakukan pekerjaan tersebut. sebelum menggunakannya, ada baiknya memilih paket sesuai kebutuhan serta kapasitas yang diinginkan oleh perusahaan untuk mendukung kelancaran prosesnya. Untuk kemudahan absensi menggunakan HP bisa dengan aplikasi mobile Appsensi. Coba gratis 30 hari Gratis sekarang!

Author Profile

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments