8 Keuntungan Menggunakan Teknologi Absen Wajah

Juni 24, 2022

Teknologi biometrik merupakan sebuah penemuan teknologi yang banyak membantu bidang keamanan di seluruh dunia. Tetapi, dari semua jenis biometrik, yang paling menarik perhatian adalah teknologi pengenalan wajah atau face recognitions

Teknologi ini dapat digunakan untuk keamanan, otentikasi, identifikasi, dan memiliki lebih banyak keuntungan. Meskipun memiliki akurasi yang rendah jika dibandingkan dengan pengenalan iris mata dan pengenalan sidik jari, face recognition banyak digunakan karena prosesnya yang tanpa kontak dan non-invasif. 

Selain itu, sistem pengenalan wajah juga dapat digunakan untuk penandaan absensi di sekolah, kampus, kantor, dll. Sistem ini bertujuan untuk membangun sistem absensi kelas yang menggunakan konsep pengenalan wajah karena sistem absensi manual yang ada memakan waktu dan perawatan yang rumit. Dengan demikian, kebutuhan akan sistem ini meningkat. 

8 Keuntungan Menggunakan Teknologi Absen Wajah

Sistem pengenalan wajah ini pada akhirnya memberikan kemajuan akses informasi multimedia. Selain itu, menerapkan kontrol akses melalui pengenalan wajah tidak hanya membuat hacker hampir tidak mungkin mencuri data pribadi pengguna, tetapi juga meningkatkan interaksi antar manusia-komputer. Inilah mengapa teknologi biometrik ini menjadi semakin populer.

Mari eksplorasi sistem absen wajah di bawah ini.

Apa itu Sistem Absensi Pengenalan Wajah?

Mengenali orang melalui wajah mereka dalam gambar dan video terlihat di mana-mana mulai dari media sosial hingga kamera ponsel. Sistem pengenalan wajah dibangun untuk mencocokkan wajah manusia dengan gambar digital. Pada akhirnya apa yang dikenali komputer adalah nilai piksel yang berkisar antara 0-255. Banyak peneliti telah menemukan banyak teknik baru untuk mengidentifikasi dan membedakan wajah secara efisien. 

Sederhananya, sistem absensi wajah menggunakan teknologi pengenalan wajah atau face recognition untuk mengidentifikasi dan memverifikasi seseorang serta menandai kehadiran secara otomatis.

Sistem pemindaian sidik jari hampir menjadi standar untuk sistem kehadiran tetapi baru-baru ini dengan pandemi yang semakin menghindari kontak fisik di tempat publik, sistem ini semakin ditinggalkan. 

Sistem absen wajah adalah teknologi tanpa kontak yang memberikan kebebasan dari interaksi fisik apapun antara manusia dan mesin.

Bagaimana Cara Pengenalan Wajah atau Face Recognition Bekerja?

Perangkat lunak pengenalan wajah menangkap dan membandingkan pola pada wajah seseorang dan menganalisis detailnya untuk mengidentifikasi dan memverifikasi individu tersebut. Meskipun sistem yang mendasarinya kompleks, seluruh teknologi dapat dipecah menjadi tiga langkah sederhana:

  • Deteksi Wajah: Langkah penting adalah menemukan wajah manusia secara real-time
  • Transform Data: Setelah ditangkap, informasi wajah analog diubah menjadi satu set data atau vektor berdasarkan fitur wajah seseorang
  • Face Match: Sistem mencocokkan data di atas dengan yang ada di database untuk verifikasi

Hampir setiap perusahaan teknologi besar termasuk Amazon, Google, Microsoft, dan Cisco memimpin upaya untuk menjadikan pengenalan wajah lebih umum. 

Baca juga: Mengenal Fitur Absensi Wajah dari Appsensi

8 Keuntungan Menggunakan Sistem Absen Wajah

Selain efisien, dapat dikelola sendiri, dan sangat terukur, sistem ini menawarkan keuntungan yang tak tertandingi. Berikut keuntungan menggunakan sistem absen wajah.

8 Keuntungan Menggunakan Sistem Absen Wajah

1. Sistem Pelacakan Waktu Otomatis

Pemantauan waktu masuk dan keluar yang dilakukan secara manual atau dengan sistem biometrik lainnya dapat sepenuhnya diotomatisasi dengan sistem kehadiran pengenalan wajah. Tidak perlu campur tangan manusia atau validasi fisik karena algoritma canggih sistem dapat menemukan dan mengidentifikasi wajah secara mandiri. Sangat mudah untuk melacak waktu bagi karyawan dengan pengenalan wajah.

2. Hemat Biaya

Sistem kehadiran pengenalan wajah dapat menghemat sumber daya bisnis dengan pelacakan waktu karyawan otomatis. Aplikasi seperti Appsensi dapat digunakan pada perangkat seluler sehingga lebih terjangkau untuk bisnis skala kecil dan menengah. Terlepas dari ukuran bisnis, sistem kehadiran seperti itu dapat:

  • Meningkatkan produktivitas karyawan sebesar 10%
  • Potong biaya administrasi sebesar 5-10%
  • Hemat 15% waktu pengawasan, bantu supervisor dengan kontrol kehadiran

Penghematan biaya bahkan lebih tinggi karena data yang diterima dari sistem absensi karyawan berbasis pengenalan wajah bersifat real-time dan valid.

3. Sistem Masuk Tanpa Sentuhan: Persyaratan Pasca Pandemi

Kondisi pandemi seperti COVID-19 dapat ditangani lebih baik dengan meminimalkan kontak fisik di tempat umum dan lingkungan kerja. Pasca pandemi telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam permintaan dan adopsi teknologi tanpa sentuh. Industri telah mengakui manfaat pengenalan wajah dan penerapan sistem kehadiran seperti Appsensi. Akses yang aman dengan menggunakan fitur pengenalan wajah dan deteksi lokasi (GPS). Serta karyawan tidak bersentuhan dengan medium penularan

Tempat kerja dan lingkungan publik dapat sangat mengurangi frekuensi kontak antar individu, sehingga meminimalkan risiko penularan virus.

4. Pengenalan Wajah Tanpa Melepas Masker

Sistem kehadiran pengenalan wajah tidak bergantung pada beberapa fitur wajah tetapi sangat kuat dan mengidentifikasi wajah pada beberapa titik data. Oleh karena itu, sistem ini dapat menyaring masker wajah dan mengidentifikasi orang tanpa melepas masker atau mengubah atribut wajah seperti dagu, spesifikasi, dll. 

Hal ini menjadi adalah keuntungan besar dibandingkan sistem biometrik lainnya karena karyawan tidak perlu melepas masker mereka. Sistem absensi modern menggunakan algoritma pengenalan wajah yang sangat akurat yang juga dapat melacak perubahan atribut wajah seperti kacamata, topi, dll.

5. Kehadiran Pekerja Lebih Akurat dan Lebih Baik

Penipuan waktu lantai industri sering terjadi di seluruh dunia dan salah satu pelanggaran etika kerja yang paling umum. Sementara sebagian besar pekerja jujur, tetapi gangguan dari teman meninju tidak dapat dikesampingkan. Bekerja sama dengan anggota staf atau petugas keamanan, beberapa pekerja bolos kerja dan masih dibayar. Penipuan waktu seperti itu tidak hanya merugikan perusahaan tetapi juga tidak adil terhadap pekerja yang berkontribusi secara jujur.

Dengan sistem kehadiran pengenalan wajah, seluruh lingkungan menjadi otomatis. Anda tidak hanya mengambil absensi tetapi juga secara otomatis mencatat waktu masuk-keluar karyawan. Ini juga menambah keamanan tempat kerja karena sistem dapat mengenali siapa yang meninggalkan area yang ditentukan dan kapan secara akurat.

6. Keberadaan Kamera Di Perangkat Seluler

Appsensi memanfaatkan perangkat seluler untuk waktu dan kehadiran menggunakan pengenalan wajah. Tidak diperlukan perangkat keras tambahan untuk mengimplementasikan sistem absensi pengenalan wajah. Teknologi ini hemat biaya dan nyaman dibandingkan dengan sistem biometrik lain seperti pemindai sidik jari. Karena setiap karyawan sudah terbiasa dengan penggunaan kamera depan di perangkat seluler mereka, pelatihan atau orientasi apa pun tidak diperlukan untuk karyawan yang bekerja dari rumah. Sistem ini memiliki UI yang intuitif, mudah digunakan oleh siapa saja.

7. Mudah Dikelola

Dibandingkan dengan sistem absensi manual, sistem absensi berbasis AI sangat otomatis. Sistem ini menyimpan dan memperbarui catatan harian secara real-time. Dari mencatat absen harian hingga waktu yang akurat untuk setiap karyawan, sistem kehadiran pengenalan wajah diprogram untuk menangani semuanya dalam skala yang sangat besar. Bayangkan menangani kerumunan besar 10.000 orang tanpa keributan dan mencatat kehadiran dengan cara yang terorganisir. Begitulah efisiensi sistem pengenalan wajah AI.

8. Integrasi Cerdas

Mengintegrasikan sistem absensi pengenalan wajah dengan sistem Leave atau Payroll lainnya cukup mudah. Karena sistem ini bersifat modular dan sangat dapat disesuaikan, format time-in dan time-out dapat disesuaikan agar kompatibel dengan sistem lain yang diterapkan dalam suatu organisasi. 

Hal ini membuat pengorganisasian data jauh lebih mudah. Juga, pengaturan zona waktu dapat dengan mudah diubah sesuai geolocation yang memungkinkan untuk menggunakan aplikasi Appsensi di seluruh dunia tanpa persyaratan tambahan. Perusahaan dengan kantor yang tersebar secara geografis dapat menerapkan sistem absensi berbasis GPS untuk pemantauan kehadiran di semua kantor.

Baca juga: Ketahui, Ini Dia 9 Kelebihan Absen Selfie

Aplikasi Sistem Absensi Pengenalan Wajah

Menggunakan Appsensi sebagai aplikasi absen online berbasis wajah tentu memiliki beberapa fitur yang menguntungkan.

1. Attendance

Mencatat kehadiran karyawan dengan mudah. Menyimpan time-in dan time-out secara otomatis. Dapat disesuaikan dengan geolokasi karyawan, di belahan dunia manapun.

2. Leave

Pengajuan ijin dan cuti karyawan lebih mudah. Pencatatannya pun otomatis sehingga tidak akan ada ruang untuk data yang salah.

3. Claim

Membantu karyawan melakukan pengajuan klaim.

4. Overtime

Pengajuan lembur yang lebih baik dan praktis. Dengan penyetujuannya melalui fitur approval.

5. Approval

Melakukan persetujuan untuk leave, claim, dan overtime

Gunakan Appsensi Untuk Sistem Absen Wajah

Sistem absensi pengenalan wajah adalah utilitas modern yang menjadi kebutuhan bahkan di era pasca pandemi. Sistem ini membuat pelacakan kehadiran karyawan menjadi akurat sekaligus menghemat biaya. Sistem seperti itu juga menambah lapisan keamanan di tempat kerja. Sistem pengenalan wajah adalah solusi modern terbaik untuk melacak jam kerja karyawan.

Jika perusahaan Anda masih terbebani oleh sistem absensi manual, saatnya meng upgrade ke sistem absensi menggunakan teknologi pengenalan wajah bersama Appsensi. Jadikan Appsensi bagian dari perubahan yang lebih baik untuk perusahaan Anda. Hubungi kami di sini.

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments