Bisnis Anda Masih Menggunakan Absen Sidik Jari?

Oktober 29, 2021

Di zaman teknologi serba canggih dan modern seperti sekarang ini, Anda tentu pernah mendengar mengenai absen sidik jari, bukan? Ya, sistem absensi sidik jari ini umumnya sering dikenal dengan istilah fingerprint yang kini banyak digunakan di berbagai tempat maupun di berbagai perangkat canggih seperti smartphone dan lain – lain.

absen sidik jari

Jika membahas mengenai sidik jari, setiap orang umumnya memiliki pola sidik jari yang berbeda dan khas antara yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, tak heran jika sistem absensi sidik jari terkadang dijadikan sebagai salah satu kartu pengenal diri untuk tujuan tertentu. Namun, tahukah Anda bahwa zaman sekarang ini ternyata ada salah satu teknologi canggih duplikat sidik jari. Jika Anda penasaran dan ingin tahu lebih detailnya, bisa menyimak beberapa ulasan secara lengkapnya di bawah ini.  

Pengertian mesin absensi sidik jari / fingerprint

Mesin absensi sidik jari merupakan suatu sistem yang telah didesain sedemikian rupa sebagai tanda pengenal manusia untuk membedakan seseorang dengan orang lainnya. Sementara itu, untuk sistem pengkodean yang dipakai pada alat absensi sidik jari tersebut yakni bisa disamakan dengan menggunakan sistem kode garis atau sering dikenal dengan istilah barcode sebagaimana yang banyak dipakai saat ini.

Sementara itu, jika dilihat dari keamanan dan akurasi alat fingerprint ini yakni tidak bisa ditiru oleh orang lain. Sehingga, hal ini akan menyulitkan orang untuk meniru sidik jari setiap orang untuk tujuan tertentu. Namun, siapa sangka jika sekarang ini telah hadir aplikasi duplikat absensi sidik jari yang bisa digunakan oleh orang – orang jika mengalami masalah pada sistem mesin sidik jari. 

Baca Juga: Melihat Sejarah Perkembangan Mesin Absensi Hingga Sekarang

Bagaimana cara kerja mesin sidik jari?

Pada mesin absensi biasanya akan dimulai pada tahapan pengumpulan seluruh pola sidik jari seseorang yang nantinya akan disetting. Adapun hasil tersebut nantinya akan disimpan di perangkat komputer / PC menjadi sebuah database.

Ketika salah satu jari seseorang diletakkan ke mesin absensi, maka bagian atas layar akan merekam data tersebut dengan menggunakan komputer dan disimpan di sebuah database. Hal inilah yang nantinya akan terjadi kecocokan sidik jari seseorang dengan database yang telah disimpan sebelumnya jika digunakan untuk akses masuk ke ruangan atau untuk tujuan tertentu. 

Apa saja masalah yang sering dialami mesin absensi sidik jari?

Secanggih apapun mesin absensi yang ada di tempat kerja maupun di tempat tertentu, tentu saja tidak terlepas dengan adanya masalah mesin eror yang kerap dialami, bukan? Hal inilah yang terkadang sering dialami oleh mesin absensi sidik jari. Adapun beberapa masalah yang biasanya dialami oleh mesin absensi sidik jari ini yakni sebagai berikut :

  • Lambatnya proses identifikasi sensor
    Tahukah Anda, bahwa semakin banyak data tersimpan maka proses identifikasi sidik jari yang terdeteksi akan semakin lama. Jika hal ini dibiarkan dalam kondisi yang lama hingga muncul peringatan “No more Space” bisa mengakibatkan mesin mengalami hang dan proses scan transaksi tidak diterima. 
  • Kondisi hang macet
    Karena kondisi penyimpanan data yang sudah penuh, maka bisa jadi perangkat hardware atau adaptor mengalami masalah yang mengakibatkan kondisi mesin menjadi hang atau macet. 
  • Sulit menerima proses scan
    Kondisi proses scan yang tidak bisa terdeteksi dengan baik, maka bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor seperti keadaan permukaan sensor yang buram, masalah data seseorang dan sidik jari dan beberapa kondisi lain.
  • Ketidaksesuaian jam dan tanggal
    Masalah yang juga sering dialami oleh mesin absensi sidik jari yakni karena terjadinya masalah tidak sesuainya jam dan tanggal. Di samping itu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan daya baterai yang telah habis sehingga perlu penggantian.
  • Tidak terkoneksi dengan perangkat PC / komputer
    Masalah tidak terkoneksinya mesin absensi dengan perangkat komputer ini biasanya terjadi karena masalah kabel jaringan tidak terpasang dengan baik. Selain itu juga bisa terjadi karena masalah pengaturan IP mesin dan IP komputer yang kurang tepat.

Baca Juga: 5 Langkah Cara Menggunakan Fingerprint untuk Absensi di Kantor

Kelemahan mesin absensi sidik jari 

Dari beberapa masalah yang sering dialami oleh mesin absensi sidik jari di atas, tak sedikit orang yang kini memilih untuk membuat duplikat sidik jari dengan beberapa cara. Hal ini tentu dapat membuat perusahaan dirugikan dengan karyawan yang suka “titip absen” kepada rekan kerjanya.

Solusi mesin absensi yang tidak mudah dicurangi karyawan: GeoTag

Dengan mengetahui kelemahan mesin absensi konvensional diatas, maka perusahaan perlu mencari alat absensi yang lebih canggih, perusahaan seharusnya mencari mesin absensi yang memiliki fitur face recognition dan geotag.

Geotag adalah sistem absensi berbasis gps. Terutama di masa pandemi ini banyak perusahaan yang mewajibkan karyawannya untuk Work from home, hal ini banyak dimanfaatkan pegawai untuk “mencuri waktu” untuk kegiatan pribadi, tetapi dengan mesin absensi yang memiliki fitur geotag, perusahaan bisa meminimalisir kecurangan karyawan, perusahaan bisa mengetahui posisi si karyawan sedang berada dimana, apakah sedang dirumah, di mall, di bioskop atau malah mungkin sedang di tempat wisata selama jam kerja.

solusi kecurangan absen sidik jari

Fitur Face Recognition

Mesin absensi yang memiliki fitur face recognition adalah sistem absensi paling sulit untuk dicurangi karyawan, karena sangat sulit untuk memalsukannya, tidak seperti fitur absensi sidik jari, yang bisa dengan mudah diakali bahkan dengan bahan-bahan yang sederhana.

Rekomendasi aplikasi absensi yang bagus 

Salah satu provider absensi yang menyediakan Face recognition dan Geotag adalah Appsensi atau bisa Anda kunjungi alamat websitenya di https://appsensi.com/

Appsensi ini merupakan suatu aplikasi absensi berbasis mobile yang dapat mendukung berbagai kebutuhan dan kepentingan tertentu. Seperti misalnya untuk kebutuhan para UMKM, perusahaan dan pemerintahan. 

Selain hadir dalam membantu memudahkan pencatatan kehadiran, penjadwalan karyawan dan penarikan laporan secara real-time, absensi online ini juga menawarkan beberapa keunggulan lain bagi pengguna di antaranya yakni sebagai berikut :

1. Memberikan layanan secara real-time

Aplikasi absensi online ini bisa memberikan informasi kehadiran karyawan secara online dengan cepat dan tepat. Di samping itu, aplikasi ini juga bisa melakukan pelacakan data kehadiran dan kinerja karyawan serta perhitungan biaya pengeluaran perusahaan secara real-time.

2. Keamanan akses terjamin

Dengan kemudahan yang ditawarkan, aplikasi ini juga memberikan keamanan dalam fitur pengenalan wajah dan deteksi lokasi (GPS). Selain itu, absensi online ini juga memberikan kenyamanan dengan meminimalisir kontak fisik.

3. Proses sensoring dilakukan secara otomatis

Keunggulan yang ditawarkan dari aplikasi ini yakni dapat memonitor produktifitas karyawan dengan adanya fitur perhitungan laporan jam kerja, keterlambatan, lembur secara otomatis. Dengan begitu, maka proses kerja dapat berjalan secara lebih efisien.

Fitur – fitur pada aplikasi absen sidik jari online Appsensi

Selain keunggulan yang ditawarkan, absensi online Appsensi ini juga memberikan beberapa fitur layanan canggih bagi para pengguna antara lain :

  • Face Recognition : Memverifikasi keaslian data wajah secara akurat dan cepat.
  • Penanda Lokasi : Memantau lokasi yang akurat serta meminimalisir manipulasi kehadiran.
  • Laporan Kehadiran : Melihat skema kehadiran dengan sistem yang telah ditetapkan.
  • Koreksi Kehadiran : Melakukan koreksi data kehadiran jika terjadi kesahalan memasukan data di aplikasi.
  • Manajemen Hari Libur : Memudahkan dalam menghitung jumlah hari kerja dan hari libur. 
  • Pengajuan Cuti : Mengatur semua jenis permintaan cuti sesuai dengan persetujuan yang ditetapkan oleh pihak terkait.
  • Manajemen Shifting : Memudahkan melakukan pemantauan dan merekam kegiatan seseorang dengan pola shifting yang berbeda.
  • Denda Keterlambatan : Memudahkan melihat data seseorang yang mengalami keterlambatan dalam masuk kerja secara real-time. 
  • Pengajuan Klaim : Memudahkan untuk melihat seseorang yang melakukan permintaan pengajuan klaim dengan berbagai jenis.
  • Laporan Aktivitas : Memudahkan dalam melakukan pemantauan seseorang di aplikasi Appsensi baik aktivitas harian maupun bulanan. 

Itulah sekilas informasi mengenai mesin absensi sidik jari dan alternatif absen sidik jari online dari Appsensi beserta fitur dan keunggulan yang ditawarkan. Dengan adanya teknologi canggih yang ditawarkan di aplikasi absensi sidik jari online ini, maka seseorang tidak perlu lagi repot-repot menggunakan sistem duplikat sidik jari yang lama. Sebab, aplikasi Appsensi online ini memberikan keunggulan dan kemudahan bagi pengguna untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan tertentu.

aplikasi absensi online dan payroll appsensi

Isi from dibawah ini untuk mencoba GRATIS 30 HARI aplikasi Absensi Online dan HR dari Appsensi :

Author Profile

Ricky Caesar Sam

Head of Sales and Marketing Appsensi

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments