Simak Ini Program Perhitungan Gaji Karyawan Secara Tepat

September 19, 2022

Gaji adalah hak karyawan yang harus diberikan oleh perusahaan dalam periode satu bulan kalender. Umumnya pemberian gaji ini ditetapkan berdasarkan satuan waktu dan dapat berupa gaji tetap bulanan atau upah harian yang dibayarkan perbulan. Perhitungan gaji yang rumit dan memakan waktu, tentunya membutuhkan program perhitungan gaji karyawan yang tepat.

program perhitungan gaji

Seperti apa program perhitungan gaji karyawan yang tepat? Mengapa harus menggunakan program perhitungan gaji karyawan? Mari kita bahas satu per satu pada artikel berikut ini. 

Key Take Points

  • Program hitung gaji adalah sebuah program berbasis software yang dapat menghitung gaji karyawan dan dapat  diakses melalui website serta user friendly. 
  • Perhitungan gaji secara manual memiliki resiko yang tinggi dengan adanya kesalahan perhitungan gaji 
  • Program perhitungan gaji memiliki banyak manfaat baik untuk perusahaan dan karyawan
  • Pemilihan program hitung gaji yang baik perlu memperhatikan fitur-fitur selain perhitungan gaji saja

Mengenal Program Hitung Gaji

Program hitung gaji adalah sebuah program berbasis software yang dapat menghitung gaji karyawan dan dapat  diakses melalui website serta user friendly. Program hitung gaji ini dikembangkan untuk menjawab kebutuhan perusahaan untuk menghitung gaji secara lebih cepat serta efisien. 

Walaupun namanya adalah program hitung gaji, namun ini bukanlah bahasa pemrograman yang bahasanya hanya diketahui segelintir orang pada bidangnya saja, melainkan sebuah software yang dapat digunakan secara mudah oleh karyawan HRD. 

Mengapa Perlu Program Hitung Gaji Karyawan

Perusahaan yang menggunakan perhitungan gaji secara manual akan memerlukan waktu serta energi yang tidak sedikit ketika tanggal gajian tiba. Sehingga hal ini akan cukup mempengaruhi kinerja HRD dan menurunkan produktivitas HRD untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. 

Perhitungan gaji secara manual memiliki resiko yang tinggi dengan adanya kesalahan perhitungan gaji atau salah transfer gaji karyawan. Hal ini akan membuat proses perhitungan gaji yang semakin panjang dan juga melelahkan. Untuk itu penggunaan program hitung gaji karyawan akan sangat membantu HRD serta perusahaan untuk memberikan gaji secara adil kepada karyawan. 

Manfaat Program Hitung Gaji Bagi Perusahaan

Menggunakan program hitung gaji akan sangat membantu perusahaan agar terhindar dari kesalahan perhitungan gaji. Sebab apabila anda melakukan kesalahan perhitungan gaji karyawan, maka akan menurunkan kinerja karyawan serta menimbulkan masalah hukum bagi perusahaan Anda.

Selain itu mengingat gaji adalah hal sensitif, maka sudah dipastikan keamanan data perusahaan dan karyawan adalah hal yang sangat penting serta krusial. Menyimpan data karyawan secara manual sangatlah rentan dengan kebocoran data atau kehilangan data. Sehingga dengan menggunakan program hitung gaji, Anda tidak perlu lagi khawatir data hilang. Program perhitungan gaji umumnya menggunakan penyimpanan yang sangat aman sehingga tidak mudah di akses oleh orang yang berwenang. 

Benefit lain dari menggunakan program hitung gaji karyawan adalah menghemat biaya operasional dan perhitungan gaji akan lebih cepat, tepat dan akurat sesuai dengan absensi kehadiran karyawan Anda. sehingga Anda bisa menggunakan anggaran lainnya untuk mengembangkan bisnis Anda pada bagian lagi dari bisnis Anda. 

Dengan program hitung gaji karyawan, HRD dapat menghitung potongan [pajak penghasilan atau PPh 21 secara mudah sesuai dengan regulasi pajak yang berlaku. Penghitungannya juga dapat dilakukan dengan berbagai metode pemotongan, seperti gross, gross up, nett, atau campuran.

Hal paling penting dari program hitung gaji adalah adanya integrasi antara data absensi dengan payroll. Dengan adanya integrasi antara payroll dan absensi, tentunya akan lebih memudahkan HRD untuk menghitung gaji karyawan. Fitur ini akan sangat membantu HRD apabila perusahaan menggunakan sistem perhitungan gaji harian ataupun shifting. 

Selanjutnya, pembuatan laporan payroll menjadi lebih mudah, komprehensif, dan mudah dimengerti sehingga akan membantu perusahaan untuk membuat keputusan dengan lebih baik. Anda bisa mengelola semua data pengeluaran terkait gaji dalam satu dashboard yang interaktif. Data historis pembayaran gaji hingga ke komponennya sudah tersimpan rapi dan dapat diakses kapan saja.

Fitur pada program perhitungan gaji lainnya adalah adanya salary slip atau slip gaji. Dengan adanya payslip otomatis pada program hitung gaji, karyawan bisa mengakses payslip secara mandiri tanpa mengajukan terlebih dahulu kepada HR. Karyawan dapat mengakses slip gaji secara langsung dan menggunakannya untuk kepentingan masing-masing atau melihat komponen penambah dan pemotong dari gaji masing-masing. 

Tips Memilih Program Hitung Gaji Terbaik 

Memilih program hitung gaji akan sangat berpengaruh pada kinerja karyawan, sebab apabila proses perhitungan gaji memakan waktu lama, dapat menimbulkan keresahan karyawan. Program perhitungan gaji yang baik adalah program yang tidak hanya bisa menghitung gaji pokok saja, tetapi juga menghitung komponen gaji lainnya seperti BPJS dan pajak serta tunjangan-tunjangan lainnya. 

Perhitungan tunjangan setiap karyawan umumnya memiliki perbedaan komponen dengan melihat posisi serta jabatan karyawan tersebut. Program perhitungan gaji yang baik tentunya bisa memudahkan HRD untuk menghitung gaji karyawan sesuai dengan jabatannya dengan cara menambahkan atau mengurangi komponen perhitungan gaji sesuai dengan kebijakannya. 

Program hitung gaji yang dapat menjadi solusi perusahaan Anda adalah Appsensi. Appsensi memiliki fitur perhitungan payroll otomatis, terintegrasi dengan data absensi dan data karyawan serta dapat customizable untuk komponen perhitungan gaji berdasarkan kebijakan perusahaan. Dengan adanya Appsensi, tentunya akan mendukung HRD dalam menciptakan sistem penggajian yang lebih baik lagi. 

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut kemudahan-kemudahan yang disediakan oleh Appsensi? Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Appsensi. 

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments