Manager HRD: Tugas dan Tanggung Jawabnya

September 14, 2022

Hal krusial yang tidak bisa diabaikan dalam mengelola perusahaan adalah pengelolaan sumber daya manusia atau human resources. Pemikiran ini muncul karena perusahaan tidak mungkin berjalan tanpa adanya SDM yang bisa mengoperasikan berbagai hal yang ada. Untuk itulah, peran Manager HRD menjadi sangat penting untuk membantu pengelolaan dan administrasi SMD yang ada. 

Manager HRD

Artikel ini akan membahas mengenai role Manager HRD beserta tugas dan tanggung jawabnya dalam perusahaan. 

Key Take Points

  • Human Resource Manager adalah sebuah sistem yang diciptakan untuk mengatur sumber daya manusia (SDM)
  • Manager HRD memiliki beberapa tugas dan tanggug jawab yang harus dilakukan agar pengelolaan SDm menjadi lebih optimal

Peranan HRD Manager

Mari mengenal peranan Manajer HRD terlebih dahulu untuk memulai artikel ini. Human Resource Manager adalah sebuah sistem yang diciptakan untuk mengatur sumber daya manusia (SDM) yang ada dalam perusahaan dengan tujuan untuk memaksimalkan kinerja setiap tenaga kerja secara efektif untuk mencapai tujuan bersama-sama.

Peran Manajer HRD akan berhubungan dengan memberikan arahan dan strategi mengenai program ketenagakerjaan serta mengawasi berjalannya program kerja HRD dan melakukan evaluasi untuk membentuk strategi yang lebih baik lagi.  

Tugas dan Tanggung Jawab HRD Manager

Agar perusahaan dapat melakukan pengelolaan SDM yang dimilikinya dengan optimal, maka seorang HR harus memiliki kapabilitas yang mumpuni dalam menjalankan tugasnya diperusahaan. Secara garis besar, tugas yang dilakukan oleh Manager HRD adalah sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi dan menetapkan tujuan manajemen SDM dan menyelesaikannya dengan tujuan perusahaan.
  2. Mengembangkan, mengelola, dan memonitor sistem serta kegiatan perencanaan divisi human resources dan memastikannya sejalan dengan hukum dan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku.
  3. Merancang, mengelola, dan mengendalikan anggaran belanja human resources.
  4. Melakukan perencanaan tenaga kerja dan merancang sistem rekrutmen dan seleksi yang efektif.
  5. Merancang program pengembangan karyawan dan pemimpin seperti training, upskilling/reskilling, atau coaching, berdasarkan identifikasi berbasis data.
  6. Memonitor kebijakan pengupahan (seperti survei gaji tahunan), menjaga program comben tetap kompetitif.
  7. Mereview analisis beban kerja, serta memastikan job description tiap bagian sudah sesuai dengan porsinya masing-masing.
  8. Mendukung jalannya bisnis perusahaan melalui pengembangan dan produktivitas karyawan, menciptakan lingkungan kerja yang positif, hingga membuat kebijakan baru sesuai kebutuhan.
  9. Merancang SOP perusahaan beserta segala prosedur yang terkait dengan human resources.
  10. Menganalisis produktivitas dan efektivitas kerja melalui evaluasi kinerja karyawan.
  11. Merancang strategi retensi dan succession plan.
  12. Melaporkan proses dan hasil kerja kepada atasan.

Dalam tugasnya tentu Manajer HRD perlu memiliki target. Setiap poin tersebut merupakan target ideal yang harus dilaksanakan oleh HR manager, untuk memenuhi kewajiban pada posisi tersebut. Tujuannya jelas, agar setiap keputusan yang diambil berdasarkan data terbaru dan termutakhir yang dimiliki oleh perusahaan, yaitu sebagai berikut:

– Implementasi dan revisi pada program pengupahan perusahaan.

– Membuat dan merevisi job description masing-masing bagian.

– Melakukan survei gaji tahunan.

– Pengembangan, analisa serta pembaruan pada kebijakan anggaran gaji perusahaan, program evaluasi perusahaan serta revisi dan rekomendasi pada kebijakan terkait staff.

– Pengelolaan standar operasional perusahaan beserta segala prosedur yang terkait dengan SDM.

– Pengawasan pada proses rekrutmen setiap bagian, termasuk juga pembuatan dan penempatan iklan peluang kerja.

– Pengelolaan program onboarding untuk karyawan baru dan konseling karyawan.

– Pengawasan wawancara pengunduran diri.

– Pengelolaan laporan dan arsip setiap bagian.

– Ikut serta dalam rapat staff administrasi.

– Merekomendasikan kebijakan baru, pendekatan baru, serta prosedur baru yang bertujuan mengembangkan perusahaan.

Sementara itu tanggung jawab Manajer HRD diperusahaan yaitu:

  • Mengembangkan, mengimplementasikan strategi HR yang sejalan dengan strategi bisnis

Di sini perlu ditekankan bahwa strategi dan program HRD sebaiknya dirancang setelah HRD manager memahami apa yang jadi tujuan bisnis, dan bagaimana SDM dapat berperan dengan maksimal di dalamnya.

  • Peningkatan kualitas SDM dengan berbagai pelatihan yang sesuai

Pengembangan karyawan adalah aspek penting divisi ini. Di antara puluhan, ratusan, bahkan ribuan karyawan Anda, pasti ada yang memiliki potensi untuk menjadi lebih. Apalagi zaman sekarang banyak organisasi melakukan program pengembangan karyawan seperti upskilling atau reskilling demi mendapatkan karyawan berkompeten tanpa harus rekrut baru yang memakan biaya tinggi.

  • Bertanggung jawab atas data dan penghitungan kompensasi benefit karyawan

Sebagaimana kompensasi dan benefit adalah salah satu faktor utama seseorang memilih bekerja di tempat kita–dan bertahan–maka penting bagi seorang HRD manager untuk selalu memastikan pemberian kompensasi (khususnya payroll) berjalan lancar dan berani mengambil inisiatif benefit yang kompetitif dengan pasar.

  • Mengembangkan dan memonitor kerja tim HRD

HRD manager tidak boleh terlalu fokus dengan strategi dan program SDM-nya. Ia juga harus memperhatikan timnya sendiri. Ia harus pandai dalam membagi tugas dan memonitor aktivitas staf HRD. Sebuah nilai plus jika HRD manager memberikan kesempatan bagi stafnya untuk mengembangkan diri juga.

  • Mempertanggungjawabkan seluruh inisiatifnya kepada manajemen dengan berbasis data

HRD manager harus bisa menyusun laporan rutin dan menyajikannya dalam bentuk data. Data tersebut akan membantu manajemen (dan mereka sendiri) untuk melihat apa yang perlu ditingkatkan dari strategi Anda, apa yang harus dihilangkan, memperkirakan risiko, dan sekadar membuat mereka semakin puas jika data memperlihatkan hasil yang bagus.

Appsensi Bantu Manajer HRD dan Perusahaan 

Pengambilan kebijakan dan pelaksanaan sebagai manager HRD harus berdasarkan pada data yang valid. Untuk itu diperlukan software atau aplikasi HR yang dapat membantu kerja manager HRD. data-data yang direkam baik untuk data absensi, payroll hingga kinerja karyawan dapat digunakan secara penuh untuk keperluan analisis berbagai hal terkait karyawan atau SDM di perusahaan. 

Salah satu software yang dapat membantu HRD dan Manager HRD dalam memenuhi jobdesknya dan mengelola SDM perusahaan dengan baik adalah Appsensi. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur lengkap yang dapat digunakan secara mudah. Data-data yang tersimpan pada Appsensi akan tersimpan pada cloudstore dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun ketika dibutuhkan untuk membuat keputusan darurat. 

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut kemudahan-kemudahan yang disediakan oleh Appsensi? Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Appsensi. 

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments