Ini Dia 10 Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Disiplin agar Jera

Februari 9, 2021

Memiliki karyawan yang disiplin merupakan salah satu aset yang bisa membuat perkembangan perusahaan semakin cepat. Oleh sebab itu bagi Anda yang menduduki jabatan tinggi ada baiknya mengetahui cara mengatasi karyawan yang tidak disiplin untuk merubahnya lebih baik.

Ini Dia 10 Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Disiplin agar Jera
source: blog.feedback-it.com

Beberapa Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Disiplin

Kedisiplinan harus dibangun dari dalam, karena jika hanya dari luar maka beresiko hanya memiliki jangka waktu yang pendek. Hal ini dikarenakan mereka melakukan pekerjaan dengan rasa terpaksa, sehingga jika sudah diluar pengawasan maka bisa berubah secara signifikan.

  1. Bangun Kepercayaan

Membangun kepercayaan menjadi tugas yang cukup sulit, sebab harus melalui strategi khusus salah satunya selalu menepati yang apa yang Anda ucapkan terutama jika berkaitan dengan apresiasi kepada karyawan. Tindakan ini bisa membentuk kerjasama saling menguntungkan dan solid.

Terbentuknya rasa saling percaya sangat membantu pekerjaan sehari-hari menjadi semakin optimal. Hal ini akan memunculkan kesan nyaman, sehingga saat terjadi masalah baik dalam takaran besar maupun kecil bisa diselesaikan dengan baik, tanpa saling menyalahkan satu sama lainnya.

  1. Selalu Ada di Tempat Kerja

Peran pemimpin dalam sebuah pekerjaan tentu sangat penting, namun karena banyaknya kesibukan di luar kantor. Seperti bertemu klien atau melakukan perjalanan bisnis membuatnya jarang berada di tempat. Oleh sebab itu tidak jarang karyawan menyalahgunakan wewenang.

Jika Anda seorang pemimpin yang memiliki jadwal di luar kantor lebih mendominasi, usahakan untuk memasang CCTV yang terkoneksi dengan ponsel pintar. Tujuannya adalah agar tidak ada yang menyalahgunakan wewenang dan melalaikan tanggung jawab atau bahkan bertindak curang..

  1. Perbaikan Fasilitas

Fasilitas menjadi salah satu pendukung pengoptimalan kinerja, jika tidak memenuhi ketentuan maka akan mempengaruhi tingkat kualitas dari hasilnya. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, menuntut para pelaku usaha atau bisnis untuk mengimbanginya.

Usahakan untuk memperbaiki atau memberikan perangkat baru dengan tingkat kecanggihan tinggi agar saat bekerja bisa lebih cepat. Jika terjadi kerusakan, maka usahakan untuk segera melakukan perbaikan dengan mengundang tukang reparasi berkualitas untuk mendapatkan hasil maksimal.

  1. Paham dengan Visi dan misi

Pemahaman terkait visi dan misi bukan hanya untuk pemimpin saja melainkan karyawan juga. Hal tersebut sebagai acuan agar dapat membuat pekerjaan lebih terarah serta membentuk tim semakin solid. Sederhanya kedua hal tersebut adalah pemacu semangat serta acuan utama.

Sebuah perusahaan yang tidak memiliki visi misi tentu akan bingung menentukan kemana arah pengembangan bisnisnya, sehingga beresiko membuatnya gulung tikar. Tingkat pemahaman terkait kedua hal tersebut menjadi sangat penting bukan hanya untuk pemimpin melainkan karyawan.

  1. Jadwalkan Pelatihan Khusus

Skill merupakan hal penting yang perlu dikembangkan terutama yang berkaitan dengan teknologi. Sebagai seorang pemimpin, ada baiknya Anda mengadakan pelatihan untuk menunjang bakat dan minat karyawan yang masih berkaitan dengan visi dan misi perusahaan.

Hal tersebut sebagai bekal kedepannya agar mereka memiliki nilai plus sehingga membawa perusahaan bisa bersaing secara sehat dengan lainnya. Seiring berjalannya waktu kreativitas serta inovasi baru memegang peranan penting untuk mengembangkan produk atau konten.

  1. Kurangi Cara Kerja Manual

Cara kerja manual akan memperlambat proses, sehingga penggunaan waktu menjadi tidak efektif bahkan dapat menghambat keberhasilannya. Oleh sebab itu, ada baiknya mendatangkan beberapa perangkat untuk guna menunjang kegiatan saat di kantor agar karyawan lebih semangat.

Jika mereka memiliki semangat yang tinggi, maka tidak menutup kemungkinan sikap disiplin akan tumbuh dengan sendirinya. Suatu kebiasaan yang baik bisa lebih maksimal jika muncul oleh faktor dorongan dari dalam diri, dengan begitu akan berlangsung lama meskipun sedang memiliki masalah.

  1. Cobalah Sesekali Membuat Acara di Luar Kantor

Kebosanan bisa menjadi alasan mengapa seorang karyawan menjadi tidak disiplin, hal ini bisa karena banyaknya pekerjaan, tingkat kesulitan yang tinggi, atau adanya masalah yang sedang dihadapi. Oleh sebab itu, ambil kesempatan untuk menghibur mereka meski dengan hal sederhana.

Misalnya saja saat memperingati tahun baru Anda mengajak mereka melakukan kegiatan seperti makan malam, berlibur, atau lainnya. Tujuannya, agar saat kembali bekerja pikiran mereka semakin fresh sehingga kinerja bisa meningkat secara signifikan dan membuat hasil lebih baik.

  1. Berikan Sanksi Tanpa Membedakan Latar Belakang

Sanksi perlu Anda berikan untuk karyawan yang melanggar aturan untuk mendisiplinkannya supaya hal tersebut tidak menjadi kebiasaan. Pemberian sanksi ini terapkan pada tiga tingkatan, misalnya tahap pertama peringatan, kedua hukuman, dan ketiga akan terancam dikeluarkan.

Cara ini dianggap efektif terutama pada masa ini karena dunia kerja memiliki tingkat persaingan cukup tinggi sehingga karyawan akan merasa takut. Namun perlu Anda pahami, jangan terlalu sering menyebutkan kalimat hukuman atau pemecatan karena akan terkesan meremehkan kerja kerasnya.

  1. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Lingkungan yang nyaman dan kondusif akan membuat mereka lebih semangat dalam bekerja karena di dalam pikirannya. Ini adalah kegiatan tersebut bukan beban justru sebagai media pengekspresian diri. Manfaatnya, bisa membuat kinerja otak semakin maksimal tanpa harus dipaksa berlebihan.

Cara tersebut sangat penting Anda lakukan terutama bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang industri kreatif. Berbagai inovasi diperlukan agar bisa membuat konten atau terobosan terbaru secara cepat, dengan begitu bisnis dapat berkembang pesat dan bersaing di dunia pasar lebih luas.

  1. Penuhi Setiap Hak Karyawan

Sebagai seorang pemimpin Anda dituntut untuk lebih peka terkait kebutuhan pekerjanya. Misalnya saja seperti yang sudah dilakukan oleh perusahaan besar yaitu dengan memberikan berbagai tunjangan serta layanan terbaik. Seperti apartemen, mobil kerja, serta jaminan keselamatan.

Hal ini akan membuat mereka semangat dalam menjalankan tugasnya meski terbilang cukup berat. Kemaksimalannya tentu bisa memberi pengaruh posistif agar dapat memberikan pelayanan secara maksimal, terutama jika bergerak dalam bidang teknologi, jasa, produk, online shop, serta startup.

Demikian penjelasan terkait dengan cara mengatasi karyawan yang tidak disiplin yang perlu Anda pahami untuk meningkatkan konsep motivasi dari dalam diri mereka. Keterpaksaan hanya akan membuat tertekan, untuk itu sebaiknya lakukan beberapa hal agar kinerjanya lebih bagus. 

Untuk memonitor kinerja karyawan, diperlukannya perangkat yang bisa membantu Anda menyelesaikan hal tersebut. Appsensi dapat membantu menjawab kebutuhan untuk memonitor tugas dan kinerja karyawan. Coba gratis 30 hari sekarang!

Author Profile

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments