Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Diberikan Kepada HRD

September 17, 2022

Surat lamaran pekerjaan adalah salah satu dokumen yang dilampirkan untuk melamar pekerjaan di perusahaan. Hampir seluruh perusahaan akan meminta surat lamaran kerja baik untuk tulis tangan ataupun digital yang dikirimkan melalui email. 

Untuk itu ada baiknya anda mengetahui cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar agar surat lamaran kerja Anda lolos dari screening HRD perusahaan. Mari kita bahas dalam artikel berikut ini.

Key Take Points

  • Surat lamaran kerja adalah surat yang berisi lamaran untuk suatu posisi di suatu perusahaan.
  • Surat lamaran kerja ini memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna untuk pekerja dan juga recruiter
  • Surat lamaran kerja memiliki format tersendiri yang perlu dimasukkan agar HRD bisa meloloskan Anda sebagai kandidat karyawan.

Kenali surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja adalah surat yang berisi lamaran untuk suatu posisi di suatu perusahaan. Surat ini biasanya berisi identitas singkat, posisi atau peran yang Anda lamar, dan beberapa frasa yang dapat meyakinkan perusahaan untuk memilih Anda untuk posisi yang Anda lamar.

Surat lamaran adalah salah satu file terpenting selama tahap rekrutmen perusahaan. Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (HRD) perusahaan menemukan posisi yang menarik untuk dilamar. Surat lamaran yang baik juga dapat memberikan kesan yang baik, terutama bagi para manajer.

Surat lamaran pekerjaan adalah hal yang berbeda dengan Curriculum Vitae (CV) ataupun daftar riwayat hidup. CV adalah berkas yang berisi data informatif mengenai kehidupan seseorang baik itu riwayat pendidikan, prestasi dan skill. Sedangkan untuk lamaran pekerjaan lebih bersifat personal karena hanya di khususkan dari seorang pelamar kerja untuk satu perusahaan. 

dalam membuat surat lamaran kerja harus jelas, mudah dipahami, dan menarik bagi perusahaan. Selain itu Anda juga perlu memperkenalkan serta mempromosikan diri secara benar tanpa mengada-ada. Hal ini akan menjadi salah satu penilaian perusahaan apakah Anda layak diterima atau tidak.

Fungsi Surat Lamaran Kerja 

Ketika melamar pekerjaan, surat lamaran kerja bukanlah hal yang bisa kamu sepelekan. Surat lamaran kerja ini memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna untuk pekerja dan juga recruiter. Ini dia fungsi-fungsi dari surat lamaran kerja yang harus Anda ketahui:

  • Sebagai media perkenalan secara tertulis antara pekerja dan pihak HRD serta perusahaan
  • Memberitahu HRD mengenai siapa diri pekerja dan posisi yang ingin Anda lamar
  • Menginformasikan kepada perusahaan mengenai dari mana pekerja mendapatkan info lowongan pekerjaan
  • Menginformasikan data diri pekerja beserta dokumen pendukung untuk melamar pekerjaan
  • Mengetahui kepribadian calon pekerja
  • Mengetahui motivasi melamar pekerjaan di perusahaan
  • Mencari Tahu apakah pekerja bisa cocok dengan kultur perusahaan atau tidak

Untuk itu, Anda perlu membuat surat lamaran kerja yang membuat Anda lebih menonjol dari kandidat lainnya. Sehingga kemungkinan Anda untuk diterima kerja akan menjadi lebih besar dibandingkan kandidat lainnya. 

Format Penulisan Surat Lamaran Kerja 

Seperti surat pada umumnya, surat lamaran kerja memiliki format tersendiri yang perlu dimasukkan agar HRD bisa meloloskan Anda sebagai kandidat karyawan. Dilansir dari Career Trend, ada beberapa komponen yang perlu ada didalam surat lamaran kerja, yaitu:

  1. Informasi kontak

Pastikan anda memasukkan data diri anda secara lengkap yaitu:

  • nama lengkap
  • nomor telepon
  • alamat email
  • alamat tempat tinggal
  1. Bagian Pembuka 

Pada bagian pembuka ada baiknya dimulai dengan menyapa penerima surat seperti “Yth, Bapak/ Ibu” atau “Dear Mr./Mrs.” serta cantumkan juga jabatan dari penerima surat dibawah namanya, nama perusahaan dan kota tempatnya beroperasi. 

  1. Isi surat

Untuk bagian isi surat, ada komponen penting yang perlu Anda perhatikan menurut University of Washington yaitu;

Paragraf pembuka: Berisi informasi darimana anda mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang dilamar.

Paragraf tengah: Ceritakan mengenai latar belakang serta hard skills yang Anda miliki. Jelaskan secara singkat mengapa dua hal tersebut membuat anda pantas untuk mengisi posisi tersebut

Paragraf terakhir: jelaskan mengenai soft skills anda yang dapat menunjang performa anda di posisi yang anda lamar. Anda juga bisa menuliskan pengalaman kerja serta keterampilan yang anda miliki dengan serinci mungkin yang memang relevan dengan pekerjaan yang anda lamar. 

  1. Bagian Penutup

Bagian penutup ucapkan terima kasih ke penerima surat karena telah membaca surat lamaran kerja anda serta beritahu HRD bahwa anda menunggu kesempatan untuk diwawancara. Cantumkan juga nama lengkap anda tepat di bawah penutup.

Pada saat penulisan surat lamaran dibuat, ada baiknya Anda melakukan beberapa hal berikut ini agar surat lamaran kerja Anda bisa lolos screening HRD, yaitu:

  • Lakukan riset terlebih dahulu
  • Gunakan format yang profesional
  • Jelaskan mengapa anda adalah orang yang paling cocok
  • Jelaskan mengapa anda menginginkan pekerjaan tersebut
  • Akhiri surat secara profesional.

Contoh Surat Lamaran Kerja 

Agar memudahkan Anda dalam pembuatan surat lamaran kerja, berikut ini adalah referensi surat lamaran kerja yang dapat anda gunakan untuk melamar pekerjaan. Anda bisa mendownload file berikut ini pada link berikut ini: klik disini

Software HRIS Appsensi Bantu Proses Rekrutmen

Mengelola calon karyawan yang masuk tentunya membutuhkan banyak waktu serta tenaga sehingga tidak jarang HRD akan kelabakan mengatur pekerjaannya, terutama pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi. Untuk itu anda memerlukan Appsensi sebagai software HRIS Anda. 

Fitur-fitur yang dibutuhkan untuk membantu proses administrasi tersedia pada Appsensi. Mulai dari monitor kehadiran karyawan hingga penghitungan gaji serta tunjangan karyawan telah tersedia pada fitur-fitur Appsensi.

Mulai dari Fitur Absensi Online, Fitur Payroll, Earned Wage Access (EWA), Live-Tracking, Manajemen Shifting, Pengajuan Cuti dan Lembur, Perhitungan Pajak PPh21 terbaru hingga klaim cuti atau klaim reimburse dan lain sebagainya.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut kemudahan-kemudahan yang disediakan oleh Appsensi? Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Appsensi. 

Author Profile

Nuritia Ramadhani

Content Manager

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments