Appsensi, Aplikasi Perhitungan BPJS Ketenagakerjaan Terbaik

November 9, 2021

Banyak orang yang ingin mengetahui tentang perhitungan BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini karena BPJS ketenagakerjaan menjadi salah satu jaminan kerja yang bisa mengcover beberapa situasi dan kejadian yang menimpa anda nantinya. Berikut adalah penjelasannya. 

Perhitungan BPJS Ketenagakerjaan
image by: kompas.com

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan 

Mendengar istilah BPJS mungkin sebagian besar masyarakat sudah sangat familiar. Jenis BPJS sendiri sangatlah beragam. Sebagai contohnya adalah BPJS ketenagakerjaan

Namun meskipun sudah banyak yang paham mengenai apa itu BPJS, namun apakah masyarakat tahu tentang bagaimana cara perhitungan BPJS Ketenagakerjaan ini. Sebelum membahas terlalu jauh mengenai perhitungan BPJS Ketenagakerjaan, terlebih dulu anda perlu mengetahui tentang pengertian atau definisi dari BPJS ketenagakerjaan itu sendiri.

BPJS ketenagakerjaan adalah sebuah badan dimana tujuan atau visi misi yang dimiliki adalah melindungi seluruh tenaga kerja khususnya yang ada di Indonesia.  

BPJS ketenagakerjaan biasanya merupakan tanggung jawab dari sebuah perusahaan atas karyawannya. Dengan kata lain,  setiap perusahaan apapun jenis perusahaannya jika memiliki karyawan maka berkewajiban untuk mendaftarkan seluruh karyawannya tersebut kedalam BPJS ketenagakerjaan.

Artinya, jika sebuah perusahaan yang sudah mendaftarkan karyawannya pada BPJS ketenagakerjaan, maka iuran per bulan wajib dibayarkan oleh perusahaan. Sehingga jika anda adalah seorang karyawan dalam suatu perusahaan, maka anda tak perlu mengurus soal BPJS ketenagakerjaan. 

Semua akan dilakukan dan ditangani oleh perusahaan dimana anda bekerja. Termasuk juga perhitungan BPJS Ketenagakerjaan akan diselesaikan tanpa harus melibatkan anda dalam segala prosesnya. 

Ketahui Jenis BPJS Ketenagakerjaan

Mengetahui tentang perhitungan BPJS Ketenagakerjaan memang penting. Namun ada hal lain yang juga tak kalah pentingnya dengan perhitungan BPJS Ketenagakerjaan yaitu tentang jenis – jenis dari BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri. Berikut ini adalah penjelasannya. 

1. Jaminan Kecelakaan Kerja

Didalam dunia kerja,  kecelakaan saat sedang bekerja bisa saja terjadi. Bisa disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya saja akibat kecelakaan lalu lintas.

Sebagai contoh adalah ketika seseorang menjadi wakil perusahaan untuk menjalankan meeting dengan client diluar kantor. Namun ditengah perjalanan orang tersebut mengalami kecelakaan lalu lintas.

Maka dalam kasus ini, orang tersebut berhak menerima BPJS Ketenagakerjaan yang dalam hal ini adalah Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) karena kecelakaan terjadi saat sedang menjalankan tugas dari perusahaan serta masih di dalam jam kerja.

2. Jaminan Kematian

Kematian seseorang yang memiliki BPJS Ketenagakerjaan juga bisa mendapatkan hak ini yang mana akan diberikan oleh ahli waris. Namun terdapat beberapa persyaratan untuk bisa mendapatkan BPJS ketenagakerjaan Jaminan Kematian ini, dimana korban meninggal pada saat jam kerja serta masih aktif dalam program BPJS ketenagakerjaan. 

3. Jaminan Pensiun

Seseorang yang bekerja pada sebuah perusahaan dan telah mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan juga berhak mendapatkan Jaminan Pensiun. Jaminan Pensiun (JP)  ini bertujuan agar taraf hidup ex karyawan perusahaan tetap layak dan sejahtera.

Umumnya terdapat beberapa hal yang bisa menjadi alasan seseorang mendapatkan Jaminan Pensiun. Yang pertama adalah ketika masa kerja perusahaan sudah habis maka orang tersebut akan dirumahkan atau pensiun. Kemudian seseorang yang mengalami cacat setelah mengalami kecelakaan kerja.

Termasuk juga dengan seorang karyawan perusahaan yang meninggal akibat kecelakaan kerja juga akan mendapatkan Jaminan Pensiun yang mana dana dari JP ini akan diberikan kepada ahli warisnya. 

4. Jaminan Hari Tua

Jenis BPJS ketenagakerjaan yang terakhir yaitu Jaminan Hari Tua (JHT). Program JHT ini juga sangat bermanfaat ketika seorang karyawan perusahaan sudah pensiun nantinya.

Namun sebenarnya JHT ini juga bisa diambil sebelum masa pensiun tiba, hanya saja setiap perusahaan mungkin akan menerapkan syarat dan ketentuan yang berlaku untuk bisa mendapatkan JHT ini.

Perhitungan BPJS Ketenagakerjaan khususnya JHT ini juga terbilang mudah. Anda hanya perlu mengakumulasikan total iuran per bulan yang sudah dibayar (selama masih bekerja) kemudian bisa juga ditambah dengan dana dari perusahaan sesuai dengan kebijakan masing – masing. 

Dengan penjelasan diatas,  maka bisa disimpulkan bahwa jenis BPJS ketenagakerjaan ini sangat beragam. Sehingga untuk pelaksanaannya akan disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi yang berlaku.

Baca juga: Jangan Sembarangan! Cuti Karyawan Juga Punya Aturan

aplikasi untuk menghitung bpjs ketenagakerjaan

Rekomendasi Aplikasi Untuk Menghitung BPJS Ketenagakerjaan

Perhitungan BPJS Ketenagakerjaan harus dilakukan dengan tepat karena nantinya akan berkaitan dengan besarnya nominal yang harus diberikan kepada karyawan.  Hanya saja, mungkin ada beberapa alasan tertentu yang membuat sebuah perusahaan merasa kesulitan untuk melakukan perhitungan BPJS Ketenagakerjaan ini. 

Apalagi jika dihitung secara manual, maka bisa saja terdapat kekeliruan. Lagipula jika jumlah karyawan ratusan atau bahkan ribuan orang,  tentu menghitung BPJS Ketenagakerjaan secara manual akan terasa merepotkan dan tidak efektif. Baik itu dari segi waktu maupun tenaga. 

Untuk itulah perusahaan Рperusahaan besar harus mulai melakukan perhitungan BPJS Ketenagakerjaan ini dengan cara yang lebih modern. Salah satunya adalah dengan menggunakan appsensi.com. Apa itu appsensi.com? 

Appsensi merupakan sebuah aplikasi yang mana basis yang digunakan adalah cloud. Melalui Appsensi ini, suatu perusahaan bisa melakukan pemantauan melalui data kehadiran karyawan yang sudah dikelola secara akurat dan juga real time. Dengan basis cloud ini, maka perusahaan bisa memantau absensi karyawan dimanapun dan kapanpun asalkan ada koneksi internet. 

Appsensi ini bisa digunakan untuk menghitung BPJS, baik itu BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS kesehatan.  Penghitungan BPJS ini akan semakin mudah karena terintegrasi langsung dengan absensi karyawan sehingga meminimalisir adanya kekeliruan saat penghitungan.

Apalagi penghitungan BPJS dan absensi karyawan dilakukan secara online dengan basis cloud sehingga semakin mudah dan praktis karena menggunakan media elektronik dan gadget serta koneksi internet. Dengan penjelasan mengenai aplikasi Appsensi diatas, maka bisa disimpulkan bahwa kini perusahaan yang memiliki karyawan sebanyak apapun tak perlu merasa kewalahan dalam menghitung absensi dan BPJS karena semua bisa dilakukan dengan mudah dan praktis menggunakan Appsensi ini. 

Baca Juga : Mengenal Sistem Penggajian Payroll Yang Praktis dan Aman

Kelebihan Appsensi.com

Jika perusahaan anda masih sering mengalami kewalahan dalam melakukan perhitungan BPJS Ketenagakerjaan, maka sudah saatnya untuk menggunakan Appsensi ini. Karena Appsensi akan memudahkan proses menghitung BPJS ketenagakerjaan bagi karyawan – karyawan dalam perusahaan anda.

Namun jika anda masih meragukan kualitas dari Appsensi ini, maka berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan ketika menggunakan Appsensi.com atau aplikasi Appsensi. 

1. Mudah Digunakan

Keuntungan pertama yang bisa anda dapatkan dari Appsensi adalah dimana tampilan aplikasi Appsensi ini terbilang user friendly.  Tampilannya sangat mudah untuk dipahami sehingga siapapun bisa menggunakannya. 

2. Bisa Digunakan Kapan Saja Dan Dimana Saja

Appsensi menggunakan basis cloud yang artinya media penyimpanannya tidak terbatas serta dapat diakses dimana saja dan kapan saja melalui perangkat elektronik maupun gadget serta internet. 

3. Menawarkan Fitur Lengkap

Fitur yang ditawarkan oleh Appsensi ini juga sangat lengkap. Selain bisa menghitung BPJS ketenagakerjaan, juga bisa dimanfaatkan untuk menghitung BPJS kesehatan,  absensi atau kehadiran karyawan, jadwal pembayaran gaji karyawan dan masih banyak lagi. Dengan kata lain,  Appsensi ini adalah aplikasi all in one yang dapat menjawab kebutuhan setiap perusahaan. 

4. Akurat

Menghitung BPJS Ketenagakerjaan tentu harus dilakukan dengan tepat. Karena kesalahan sedikit saja, maka akan berimbas pada banyak hal.  Apalagi jika jumlah karyawan dalam perusahaan tersebut banyak, maka tentunya proses penghitungan harus dilakukan dengan baik dan teliti. 

Namun dengan adanya aplikasi Appsensi ini, sebanyak apapun jumlah karyawan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan maka bisa dihitung dengan tepat dan akurat secara real time.

5. Praktis

Karena Appsensi menggunakan basis cloud, maka proses menghitung BPJS ketenagakerjaan bisa dilakukan secara praktis.  Dengan catatan anda memiliki perangkat elektronik seperti tablet maupun smartphone serta tentunya koneksi internet. 

Apalagi aplikasi Appsensi ini bisa diunduh dengan mudah melalui Play Store maupun App Store sehingga siapapun bisa mendownload aplikasi Appsensi ini. 

6. Aman

Appsensi juga telah menggunakan sistem Face Recognition dan juga GPS sehingga mencegah adanya kecurangan karyawan pada saat melakukan absensi. Sehingga melalui hal inilah mengapa Appsensi terbilang sangat akurat.

Ditambah lagi, Appsensi juga menerapkan sistem keamanan yang berlapis. Dimana database perusahaan akan tersimpan dengan aman dan terjamin.

Dengan beberapa penjelasan yang telah disampaikan diatas, maka kesimpulannya adalah bahwa Appsensi menjadi solusi terbaik bagi perusahaan besar yang membutuhkan media untuk menghitung gaji, menghitung BPJS serta mengelola data kehadiran karyawan. Proses perhitungan BPJS ketenagakerjaan menjadi sangat mudah, cepat dan juga praktis. 

Baca juga: Tips Memilih Aplikasi HR yang Aman Untuk Perusahaan

Author Profile

Belinda Halim

Finance Officer

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments