fbpx

4 Aspek WFO dan kelebihannya dibanding cara bekerja yang lain

Januari 14, 2022

Sejumlah perusahaan di Indonesia sudah kembali memberlakukan kebijakan Work From Office atau WFO yaitu bekerja di kantor. Sejak pandemi COVID-19, Work From Home atau WFH atau bekerja dari rumah kencang juga digerakkan demi menekan angka penularan. Namun setelah hampir dua tahun berjalan, para pekerja rupanya enggan kembali bekerja dari kantor atau WFO.

Tapi para manajer dari berbagai perusahaan mengemukakan kekhawatiran bahwa kreativitas di tempat kerja akan terpengaruh. Setengah dari 530 pemimpin senior yang juga disurvei mengatakan bahwa pekerja WFH akan berdampak buruk pada kreativitas dan kolaborasi, atau hanya terhadap 38% orang biasa.

wfo situations

Untuk bisa menerapkan WFO secara aman dan nyaman, perusahaan harus memperhatikan sejumlah hal penting demi mencegah penularan COVID-19 di lingkungan kerja. Karena salah satu syarat pemberlakuan WFO adalah para karyawan harus sudah mendapatkan vaksin COVID-19.

WFO adalah singkatan dari Work From Office atau bekerja dari kantor. Berdasarkan peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Indonesia, meski tengah pandemi ada beberapa sektor usaha yang mengizinkan perusahaan untuk tetap beroperasi seperti sektor kesehatan, pangan, makanan dan minuman, energi, komunikasi, jasa, media komunikasi, keuangan perbankan termasuk pasar modal, logistik dan distribusi barang, retail dan industri strategis lainnya.

Karena itulah para pekerja di bidang tersebut tidak bisa merasakan WFH atau Work From Home alias bekerja dari rumah karena pelayanan tersebut tetap tidak boleh mati di tengah pandemi. Hal ini karena kebutuhan pokok kehidupan ada di tangan mereka.

4 Aspek WFO dan kelebihannya

Menjaga produktifitas kerja

Produktifitas dalam WFO akan terjaga karena Anda berada di ruang kantor serta bertatap muka dengan rekan-rekan kerja Anda. Dengan jam kantor yang sudah ditentukan pula Anda akan semakin rajin dan berusaha untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin ketika office hours. Bekerja di rumah membuat kita mudah terdistraksi dengan banyak hal. Pekerjaan yang bebas dilakukan kapan saja pun terkadang tidak efektif hasilnya. Sedangkan di kantor, Anda didorong untuk bekerja cepat. Anda tidak akan terdistraksi karena yang Anda lihat dikantor hanyalah pekerjaan.

Fleksibel dalam waktu terencana

Dalam hal Fleksibilitas WFO berarti memiliki jam kerja dan pegawai harus mengikuti seluruh aturan kantor. Lalu, jam kerja karyawan juga harus dari pukul 09.00 hingga pukul 18.00 sehingga pegawai tak boleh terlambat atau pulang lebih cepat. Positifnya, pegawai lebih disiplin dalam bekerja dan tidak ada kerja lembur apabila tidak dibutuhkan karena jadwal sudah tersusun dengan jelas. Anda juga efektif untuk mambagi waktu, dari bangun pagi-pagi hingga pulang kerja, setiap kegiatan kerja terstruktur dengan baik, sehingga Anda punya waktu personal di rumah dengan bebas tanpa teringat dengan pekerjaan yang belum selesai. Otomatis jam tidur tidak akan terganggu, pola hidup akan jauh lebih sehat.

Menjaga komunikasi kerja

Pada aspek Komunikasi WFO memiliki keunggulan dari segi komunikasi. Semua aktivitas seperti meeting, pengarahan, workshop, dan lain-lain lebih mudah dilakukan jika bekerja dari kantor dan bertemu tatap muka. Miskomunikasi atau kesalahpahaman dalam bekerja bisa diminimalisir. Poin-poin penting dalam instruksi pekerjaan pun bisa Anda tangkap dengan jelas, sehingga berpengaruh pada hasil kerja yang maksimal. Bagi mereka yang punya pekerjaan fisik, justru lebih mudah saat wfo karena fasilitas lengkap yang disediakan di kantor.Sementara WFH cukup berat dalam komunikasi karena bisa terkendala jaringan internet hingga mengakibatkan gangguan pekerjaan.

Kelengkapan alat kerja untuk Administrasi

Selain itu dalam kebutuhan hal Administrasi WFO memungkinkan seluruh kegiatan operasional bahkan pengelolaan administrasi dan HR kantor menjadi lebih mudah dibandingkan saat WFH. Hal tersebut jelas didukung oleh interaksi antar karyawan yang mumpuni. Bisa melihat pekerjaan secara langsung juga menjadi aspek yang penting ketika Anda dan tim bekerja secara WFO

diluar itu yang menjadi pertimbangan dari menerapkan WFO adalah jarak tempuh karyawan ke tempat kerja (kantor) karyawan biasanya membutuhkan lebih banyak waktu untuk tiba di kantor. Biasanya, para pekerja membutuhkan waktu paling tidak 1,5 jam, bisa juga lebih apabila lalu lintas macet. Ini yang menjadi salah satu pertimbangan cara bekerja alternatif selain WFO.

Bagaimana Anda sudah paham definisi dan sisi manfaat dari WFO serta perbandingannya dengan cara kerja lain? Baik WFO dan WFH memiliki tantangan dan manfaatnya tersendiri lengkapi produktifitas tim Anda dengan Appsensi. Aplikasi HR untuk solusi kehadiran dan payroll secara online. untuk info lebih lanjut check websitenya di appsensi.com.

Author Profile

Yosafat Purba

Product Owner

|

Share this post on

Related Article

Leave a Reply

Name

Email

Comments